image

Bawa Isu Politis, Pelatih Serbia Terancam Dihukum FIFA

Text : Aga Buge Katiara | Photo / Video : Mirror | Editor: Andi Wahyudi | 25 June 2018

SPORTKU.COM

Pelatih Serbia, Mladen Krstajic, terancam hukuman dari FIFA akibat komentarnya yang berbau isu politik terhadap wasit, Felix Brych. 

Serbia memang menelan pil pahit saat ditaklukkan secara dramatis oleh Swiss di laga kedua grup E Piala Dunia pada Sabtu (23/6). Sempat unggul lebih dulu lewat Aleksandar Mitrovic, namun akhirnya harus takluk setelah Granit Xhaka dan Xherdan Shaqiri menjebol gawang Vladimir Stojkovic. 

Setelah pertandingan tersebut sebenarnya tidak ada masalah yang terjadi diantara kedua tim, meski selebrasi dua pemain Swiss, Xhaka dan Shaqiri dilaporkan akan diinvestigasi FIFA karena berbau politis. Seperti diketahui, kedua pemain tersebut selebrasi burung elang yang menjadi lambang negara Albania.

Seperti diketahui Xhaka dan Shaqiri keturunan etnis Albania yang berasal dari Kosovo, negara yang memisahkan diri dari Serbia pada 2008 lalu. Karena kondisi perang Balkan yang terjadi pula, keluarga dari Xhaka dan Shaqiri memilih menetap di Swiss.

Namun, belum usai masalah dari selebrasi Xhaka-Shaqiri, masalah baru muncul setelah pelatih Serbia, Mladen Krstajic mengeluarkan komentar yang kontroversial mengenai wasit yang memimpin laga tersebut. Lucunya, komentar itu diucapkan beberapa hari setelah pertandingan.

Pelatih berusia 44 tahun itu mempermasalahkan pelanggaran yang dilakukan Stephan Lichtsteiner dan Fabian Schaer terhadap striker mereka, Mitrovic. “Kami dirampok. Saya tidak akan memberikan kartu kuning atau merah kepada wasit, tapi saya langsung mengirimnya ke Den Haag. Kemudian mereka bisa mengadilinya, seperti yang mereka lakukan kepada kami,” ucap Krstajic dikutip Mirror.

Tidak cukup sampai disitu, Krstajic juga memposting sebuah foto untuk menunjukkan bukti. Dengan kata-kata kasar berbau politis di dalamnya.

“Sayangnya, tampak hanya orang-orang Serbia yang dijatuhi hukuman. Hari ini kami mendapatkannya di sepak bola lewat VAR,” tulis mantan pelatih Schalke 04 tersebut.

Akibat hal tersebut, Krstajic kini terancam hukuman dari FIFA meski hingga berita ini ditulis belum ada keterangan resmi dari FIFA terkait aksi dari Krstajic itu. Namun, jika melihat pedoman serta aturan FIFA yang melarang hal politis di sepak bola, maka Krstajic dalam masalah besar karena komentarnya yang membawa isu politik.

Baca Juga:
Rea Perlebar Jarak dengan Davies

Baca Juga:
Honda Jadi Pemain Asia Paling Tajam di Piala Dunia

Text : Aga Buge Katiara | Photo / Video : Mirror | Editor: Andi Wahyudi | 25 June 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company