Obsesi Pebalap Wanita Formula 4 Ingin Tampil Di Ajang F1

Text : Ria Afriliani | Photo / Video : Twitter | Editor: Andi Wahyudi | 26 June 2018

SPORTKU.COM

Sejak kecil Amna Al Qubaisi sudah mulai dikenalkan tentang dunia balap oleh ayahnya. Siapa Amna Al Qubaisi? 

Pebalap kelahiran Virginia, Amerika Serikat 18 tahun silam ini ingin mewakili perjuangan emansipasi wanita di Timur Tengah, terutama Arab Saudi. Amna juga menegaskan bahwa apa yang dilakukannya saat ini tidak dibatasi oleh kepercayaan yang dianutnya.

"Saya muslim dan saya berdoa setiap hari. Islam tidak mencegah kami melakukan apa yang kami impikan," ujar Amna.

Dirinya pun mengungkapkan mimpi besarnya untuk bisa melaju di kompetisi balap jet darat, Formula 1. Bahkan sewaktu kecil, ia pernah bercita-cita untuk menjadi pebalap wanita pertama yang balapan di ajang F1.

Akan tetapi, mungkin Amna belum mengetahui bahwa sudah ada dua pebalap wanita yang pernah melaju di F1 sebelumnya, yaitu Maria Teresa de Filippis yang berkompetisi di era 50-an dan Lella Lombardi di era 70-an.

Baca Juga :
Mengenal Hermann Tilke, Arsitektur Perancang Sirkuit Balap Formula 1 dan MotoGP

Saat ini, Amna sedang berkompetisi di kejuaraan Formula 4 dengan membela tim Pertamina Prema Theodore Racing. Amna juga merupakan anak dari Khaled Al Qubaisi, seorang pebalap Uni Emirat Arab pertama yang berkompetisi pada ajang Le Mans 24 Hours dan tercatat pernah meraih dua podium.

Dengan keikutsertaannya di ajang Formula 4, Amna tercatat sebagai pebalap wanita pertama yang mengikuti kejuaraan tersebut. Dara cantik ini juga sebelumnya telah membuat sejarah dengan menjadi wanita Emirat pertama yang berpartisipasi dalam olahraga motorsport dan bersaing di kelas internasional.

Amna memulai karir balapnya di usia 14 tahun dengan mengikuti karting di tahun 2014. Dia adalah wanita Arab pertama yang berpartisipasi di RMC (Rotax MAX Challenge) World Finals, kejuaraan karting yang sudah diakui oleh badan internasional perlombaan karting CIK-FIA.

Bersama saudara perempuannya, Hamda Al Qubaisi, Amna berpartisipasi di ajang kejuaraan karting lainnya yang paling bergengsi di Eropa, yaitu X30 Euro Series Wackersdorf. Perlombaan itu diikuti oleh 54 pebalap, dan Amna satu-satunya pebalap wanita yang bisa mencapai babak final.

Baca Juga :
Mengenal Istilah "Gelar Triple Crown" Di Dunia Balap Mobil

Text : Ria Afriliani | Photo / Video : Twitter | Editor: Andi Wahyudi | 26 June 2018

  • facebook share

RELATED NEWS

Masalah Sensor Menghantui Denny Rommel

Masalah Sensor Menghantui Denny Rommel

TOURING
Perkara Karbu, Tjandra Gagal Podium

Perkara Karbu, Tjandra Gagal Podium

TOURING
13 Pegokart Indonesia Menuju Italia

13 Pegokart Indonesia Menuju Italia

GOKART
Komunitas Sokong Industri Balap

Komunitas Sokong Industri Balap

TOURING

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company