image

Mobil Listrik Volkswagen Taklukan Rekor Baru Di Pikes Peak

Text : Ria Afriliani | Photo / Video : Volkswagen Motorsport | Editor: Andi Wahyudi | 26 June 2018

SPORTKU.COM

Volkswagen I.D. R telah membuat sejarah di Pikes Peak International Hill Climb dengan menaklukkan lintasan sepanjang 19,98km.

Menggunakan I.D. R Pikes Peak dengan tenaga 670 hp dan torsi 650 Nm dari motor listriknya, Romain Dumas menjadi pebalap pertama yang menaklukkan lintasan sepanjang 19,98 km dengan waktu 7menit 57.148detik, dan mengalahkan rekor sebelumnya milik Sebastien Loeb dengan Peugeot T16 Pikes Peak yang diukir pada 2013.

Dengan pencapaiannya tersebut, Dumas kini berada di puncak daftar juara Pikes Peak bersama pebalap terkenal dari juara sebelumnya, seperti Sébastien Loeb, Walter Röhrl, Michèle Mouton, Stig Blomqvist, Nobuhiro Tajima dan juga Rod Millen serta putranya Rhys.

Sepanjang jalannya balapan, Volkswagen tidak mau sesumbar karena sudah mencetak waktu di bawah delapan menit. Masalah yang menghadang hanyalah cuaca, dengan hadirnya awan yang menyelimuti sekitar pegunungan, serta ancaman hujan. Beruntung tidak turun hujan, meski kabut masih menghantui aksi Dumas.

Baca Juga :
FIA Tambahkan Zona DRS Ketiga di GP Austria

"Ini hari yang fantastis bagi Volkswagen dan kami sangat bangga. I.D. R Pikes Peak adalah mobil paling inovatif dan kompleks yang pernah dikembangkan oleh Volkswagen Motorsport," kata direktur Volkswagen Motorsport, Sven Smeets.

Dumas memang baru pertama kali mengemudi di seluruh bagian trek dengan mobil ini, namun hasil yang dicapai oleh pebalap berusia 40 tahun itu patut diacungi jempol. Bagaimana tidak, selain berhasil memecahkan rekor secara keseluruhan, Dumas juga berhasil mematahkan rekor Pikes Peak untuk mobil listrik yang sebelumnya dipegang oleh Rhys Millen dengan mobile O PP100 di tahun 2016.

Selain itu, Volkswagen juga berkomitmen menjaga lingkungan tetap bersih selama ajang ini, dengan memanfaatkan gliserin sebagai bahan bakar generator pengisi baterai I.D. R Pikes Peak. Material ini dapat menjadi alternatif biodiesel yang tidak menghasilkan asap dan residu berbahaya.


Baca Juga :
Obsesi Pebalap Wanita Formula 4 Ingin Tampil Di Ajang F1

Text : Ria Afriliani | Photo / Video : Volkswagen Motorsport | Editor: Andi Wahyudi | 26 June 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company