image

Kilas Balik MXGP Pangkal Pinang 2017 Yang Bikin Crosser Stres

Text : Suhartono | Photo / Video : Suhartono | Editor: Andi Wahyudi | 29 June 2018

SPORTKU.COM

Motocross Grand Prix (MXGP) kembali ke Indonesia pada akhir pekan ini, 30 Juni - 1 Juni.

Seri 12 Kejuaraan Dunia MXGP akan kembali ke Pangkal Pinang, Indonesia, untuk tahun kedua berturut-turut. MXGP Indonesia akan diadakan Area Sport Center GOR Sahabudin, di luar kota Pangkal Pinang di salah satu provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Kembalinya MXGP ke Indonesia, Youthstream selaku yang punya event juga menunjuk lagi Lightning Production sebagai EO lokal. A. Judiarto, pimpinan Lightning Production telah melakukan berbagai persiapan sejak jauh-jauh hari untuk membuat balapan MXGP Indonesia di Pangkal Pinang berjalan sukses. Terutama mengenai sirkuitnya.

Berkaca pada penyelenggaraan MXGP Pangkal Pinang musim 2017 lalu, memang berjalan tak sesuai rencana. Balapan yang seharusnya dilangsungkan 2 Race untuk kelas utama MXGP harus terpangkas menjadi hanya 1 Race. Hal ini disebabkan karena kondisi trek yang berlumpur dan menyulitkan para crosser.

Kondisi trek memang sangat memprihatinkan sehingga langkah ini dianggap yang terbaik oleh Youthstream dan FIM. Kesiapan sirkuit pada musim lalu memang yangt paling menjadi sorotan. Dengan sirkuit yang tak siap 100 persen, beberapa agenda terpaksa ditiadakan oleh Youthstream. Sehingga membuat para crosser sedikit kecewa dengan penyelenggaraan MXGP Indonesia 2017 di Pangkal Pinang.

Belajar dari masalah yang dihadapi pada musim lalu, sepertinya MXGP Pangkal Pinang 2018 akan berjalan lebih rapi. Dengan persiapan matang yang dilakukan oleh tim dari Lightning Production. Dikatakan Judiarto, desain dari lay out sirkuit juga sedikit mengalami perubahan.

Meski tak berjalan mulus, namun penyelenggaraan MXGP Pangkal Pinang 2017 juga memberikan kejutan menarik. Crosser unggulan dari tim papan atas justru keok. Top rider kalah telak dengan pebalap non unggulan dalam laganya di MXGP Pangkal Pinang 2017.

Baca Juga
Van der Mark Hengkang ke Kawasaki?

Pemenang MXGP Pangkal Pinang 2017 diraih Shaun Simpson. Saat tampil di trek yang penuh lumpur, penunggang Yamaha YZ450FM itu berhasil menjadi yang terbaik. Di posisi kedua adalah Glenn Coldenhoff, pebalap motocross dari Belanda. Sementara itu, perjuangan Clement Desalle juga tak mudah untuk bisa menembus podium 3.

Sementara itu, MXGP Pangkal Pinang 2018 tentu akan menyajikan tontonan menarik di akhir pekan ini. Juara bertahan Antonio Cairoli (Red Bull KTM Factory Racing) masih tertahan di peringkat dua klasemen sementara dengan 474 poin. Cairoli tertinggal dari rekan setimnya Jefrrey Herlings yang di pucuk klasemen dengan 486 poin.

Crosser Monster Energy Kawasaki Factory Racing, Clement Desalle tentunya pula ingin kembali menikmati podium juara di MXGP Pangkal Pinang. Hingga sejauh ini, Desalle baru mempunyai satu kemenangan saat tampil di MXGP Rusia. Dan kini bertengger di posisi 3 klasemen dengan 374 poin.

Pesaing di MXGP Pangkal Pinang 2018 juga hadir dari Romain Febvre, crosser Monster Energy Yamaha Factory. Sedangkan Gautier Paulin, pebalap Rockstar Energy Husqvarna Factory Racing masih mencari kombinasi yang pas untuk bisa bersaing di papan atas.

Juga tidak lupa sebagai pesaing yang kuat, terutama ketika trek menjadi teknis, adalah Shaun Simpson, crosser Wilvo Yamaha Official MXGP Teammate yang musim lalu mengklaim kemenangan MXGP Pangkal Pinang. Meski saat ini pebalap asal Inggris itu masih tertinggal jauh di urutan 17 klasemen.

Baca Juga
Leon Haslam Siap Duet dengan Jonathan Rea di WSBK?
Alasan Jerman Gagal Total di Piala Dunia 2018

Text : Suhartono | Photo / Video : Suhartono | Editor: Andi Wahyudi | 29 June 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company