image

Kejayaan Aprilia Bersama Gigi Dall’Igna, Kini Jadi Tim 'Sampah'

Text : Suhartono | Photo / Video : MCN | Editor: Andi Wahyudi | 29 June 2018

SPORTKU.COM

Tim Aprilia kini seakan menjadi 'sampah' di Kejuaraan Dunia MotoGP.

Meski berstatus sebagai tim pabrik, namun Aprilia justru kalah saing dengan mereka yang menjadi tim satelit. Aprilia harus puas di posisi buncit pada klasemen akhir MotoGP. Berbagai upaya tentu terus dilakukan oleh tim asal Italia ini untuk bisa memiliki hasil terbaik.

Telah sejak lama Aprilia terlibat dalam proyek MotoGP. Diketahui, Aprilia pertama kali terlibat di ajang Grand Prix (GP) 1985 dan sejak itu telah melihat berbagai keberhasilan. Aprilia menangi Kejuaraan Dunia pertama kali di GP Cekoslovakia 1991 dengan pebalap Alessandro Gramigni untuk Kelas 125cc.

Pada tahun 1992 Aprilia juga berhasil memenangkan Kejuaraan Dunia Road Racing pertama mereka bersama Gramigni di Kelas 125cc. Aprilia sejak saat itu telah menjadi pesaing kuat di segmen mesin kecil, memenangkan banyak balapan dan di Kelas 120cc dan 250cc.

Namun di Kelas GP500, Aprilia gagal mencapai kesuksesan yang sama. Mereka mulai berkampanye di kelas 500cc pada tahun 1994 dengan motor 250 V twin yang di over size menjadi 380cc. Akan tetapi Aprilia terus mengalami keterpurukan di GP500.

Lalu Aprilia meninggalkan Kelas MotoGP pada akhir 2004. Juga meninggalkan kelas di bawahnya ketika mesin 2tak mulai dilarang. Aprilia menetapkan rekor perolehan poin terbanyak kategori produsen dalam satu musim di Kelas 125cc dengan raihan 410 poin pada tahun 2007. Ini juga merupakan poin tertinggi yang diperoleh oleh konstruktor dalam sejarah balap motor Grand Prix hingga 2011.

Aprilia bergabung kembali dengan kelas MotoGP pada tahun 2012, mengambil keuntungan dari kategori Claiming Rule Team. Tahun 2015, Aprilia kembali dengan upayanya sebagai tim pabrikan penuh. Berbagai masalah terus ditemui hingga kini belum bisa bersaing kompetitif dengan kompetitor.

Baca Juga
Kecewa Petronas di Bursa Transfer Pebalap MotoGP

Text : Suhartono | Photo / Video : MCN | Editor: Andi Wahyudi | 29 June 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company