Tim Basket Indonesia vs Thailand Di Test Event APG

Text : Ria Afriliani | Photo / Video : Muhamad Dahroji | Editor: Andi Wahyudi | 1 July 2018

SPORTKU.COM

Pelatih Wheelchair Basketball Indonesia, Fajar Brilianto berharap Indonesia bisa bermain dengan baik saat menghadapi Thailand, karena menurutnya menang itu hanya bonus.

Timnas bola basket kursi roda Indonesia baru saja menumbangkan Malaysia dengan skor tipis 54-53 di Senayan, Jakarta pada Minggu (1/7). Kemenangan ini tidak semata-mata dijadikan sebagai perayaan yang berlebihan bagi mereka, namun sebagai ajang evaluasi untuk menghadapi pertandingan selanjutnya yang akan digelar Senin, (2/7).

Fajar Brilianto selaku Pelatih Wheelchair Basketball Indonesia menjelaskan kepada wartawan, bahwa hasil evaluasi dari pertandingan hari ini dan yang perlu ditingkatkan untuk selanjutnya adalah lebih kepada komunikasi.

"Para pemain kami masih harus belajar soal komunikasi di lapangan. Karena jika di kursi roda, dia tidak bisa langsung menoleh ke belakang untuk berinteraksi dengan lawan maupun temannya. Paling tidak harus mengeluarkan suara untuk sekedar memanggil. Jadi kami harus belajar untuk memperlancar komunikasi," terangnya.

Hal ini pun dibenarkan oleh kapten Donald Santoso. "Tim kami masih memiliki beberapa kekurangan yang harus segera dibenahi, salah satunya komunikasi antar pemain. Ini penting! Mereka juga perlu meningkatkan kepercayaan diri," kata pemain bernomor punggung 55 itu.

Baca Juga :
Test Event APG Cabang Atletik

Menurut Donald, komunikasi dan kepercayaan diri adalah dua hal yang penting dan harus ditingkatkan dalam waktu dekat. "Dua hal tersebut merupakan yang paling penting untuk saat ini. Andai bisa meningkatkan dua hal itu, kami bisa ke level selanjutnya," ujar Donald di Senayan.

Selain itu, karena tim basket ini baru terbentuk pada Desember 2017 lalu, terlebih mereka bukan berasal dari pemain basket sesungguhnya melainkan dari atlet cabang olahraga lain, seperti atletik dan tenis lapangan, maka Fajar dan tim masih harus berbenah diri untuk menjadikan tim ini semakin solid.

"Kebanyakan pemain timnas basket kursi roda memang tidak memiliki latar belakang basket. Ada yang bermain tenis atau bulutangkis. Apalagi, ini pertama kalinya mereka bermain olahraga tim," tambah Donald.

Ketika ditanya perihal target saat menghadapi Thailand, Selasa (2/7), Pelatih Fajar tidak memiliki harapan selain tim Indonesia bisa bermain dengan baik.

"Ketika sebelum menghadapi Malaysia pun, saya mengatakan kepada tim agar bisa bermain baik. Menang itu bonus, yang penting kita bermain dengan maksimal," pungkas Fajar.

Baca Juga :
100 Hari Jelang APG 2018

Text : Ria Afriliani | Photo / Video : Muhamad Dahroji | Editor: Andi Wahyudi | 1 July 2018

  • facebook share

RELATED NEWS

Seberapa Penting Kehadiran Draft Rookie?

Seberapa Penting Kehadiran Draft Rookie?

BASKETBALL
Satria Muda Pertahankan Tim Juara

Satria Muda Pertahankan Tim Juara

BASKETBALL
IBL Rookie Combine Bagus, Tapi..

IBL Rookie Combine Bagus, Tapi..

BASKETBALL
Basket Indonesia Luar Biasa!

Basket Indonesia Luar Biasa!

IBL

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company