image

Menangi MotoGP Belanda, Marquez Akui Kesalahannya

Text : Suhartono | Photo / Video : MotoGP | Editor: Andi Wahyudi | 3 July 2018

SPORTKU.COM

Marc Marquez meraih kemenangan keempatnya di MotoGP 2018 untuk terus memperkuat posisinya di puncak klasemen sementara.

Seri 8 MotoGP 2018 berlangsung di Sirkuit Assen, Belanda, Minggu (1/7). Memulai balapan dari posisi pole, Marquez berhasil menangi pertarungan sengit tersebut. Hasil ini menjadi kemenangan keempat Marquez di MotoGP 2018, atau sebagai kemenangan keduanya di Sirkuit Assen.

Pada balapan yang diselenggarakan selama 26 lap itu, Marquez finish dengan kemasan waktu terbaik 41menit 13.863detik. Menyusul di podium kedua adalah Alex Rins, pebalap Suzuki Ecstar. Melengkapi podium ketiga adalah Maverick Vinales.

Marquez tidak hanya senang dengan kemenangannya yang diperoleh susah payah dalam pertarungan di kelas premier yang gemilang, tetapi juara bertahan itu juga memperpanjang keunggulannya di klasemen sementara menjadi 41 poin atas Valentino Rossi yang hanya bisa finish kelima.

Saat balapan, Marquez memilih untuk main aman. Tak terlalu menggebu-gebu, Marquez justru main di belakang Jorge Lorenzo yang memimpin balapan hingga 13 lap. Memang sulit bagi Marquez untuk bisa menembus posisi terdepan. Sebelum akhirnya meraih momen di 7 lap akhir.

Saat Marquez sudah berada di posisi terdepan pun masih belum merasa aman. Sebab para pebalap di belakangnya juga memiliki gap yang sempit dengannya. Namun perlahan tapi pasti, Marquez terus membuka keuntungan kecil yang memungkinkan dia dalam ritme dan berlari dengan kecepatan penuh hingga garis finish.

Baca Juga
Bikers HOG Anak Elang Jakarta Sarapan Bareng Ketua MPR

“Saya tidak tahu bagaimana menjelaskannya, itu adalah balapan yang gila. Ada kelompok besar dan kami bertempur melawan semua pebalap dan itu luar biasa. Kondisi sangat sulit di trek karena angin mendorong kencang, ketika Anda berada di belakang pebalap juga lebih mudah dan juga sulit untuk membukaT celah," ungkap Marquez.

"Terutama Jorge Lorenzo, saya mencoba menyusulnya tetapi dia menyusul saya dan kemudian saya tidak bisa menjaga ritme yang sama. Lalu saya berkata, OK, kami akan menunggu tetapi di tengah-tengah balapan kami memiliki banyak momen, dengan (Alex) Rins, dengan Maverick (Vinales) dengan semua pebalap," tambahnya.

"Masalahnya adalah bahwa di sini, ketika Anda mencoba menggunakan jalur Anda untuk menjadi cepat, Anda kemudian dihadang banyak tikungan dan kemudian semua orang menyalip Anda, tetapi ketika saya melihat keuntungan kecil, saya katakan sekarang adalah waktu untuk menggunakan racing line saya dan kemudian saya bisa memiliki kecepatan yang sama seperti saat latihan."

Marquez sangat beruntung untuk tetap bertahan balapan ketika dia terlibat kontak dengan Rins di tikungan 5, yang menyebabkan dia hampir jatuh. Menjelaskan insiden itu, Marquez justru mengakui jika hal tersebut merupakan kesalahannya sendiri.

“Saya hanya melihat foto dan itu gila. Saya ingat bahwa Rins dan saya memiliki kontak, dan dia menyentuh saya tetapi pada akhirnya itu adalah kesalahan saya karena saya berada di luar dan ketika Anda berada di luar, Anda perlu memahami siapa yang ada di dalam yang memiliki keuntungan,” kata Marquez.

Baca Juga
Marquez Menjauh dari Rossi, Lorenzo Merangkak Naik
Sergio Ramos Ogah Pensiun dari Timnas Spanyol

Text : Suhartono | Photo / Video : MotoGP | Editor: Andi Wahyudi | 3 July 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company