image VAR di Piala Dunia 2018 Pertandingan Portugal vs Iran yang tuai kontroversi

VAR, Mencari Solusi Atau Timbulkan Kontroversi?

Text : Aga Buge Katiara | Photo / Video : Istimewa | Editor: Andi Wahyudi | 3 July 2018

uploads/news/2018/07/var-bukan-solusi-mencegah-65223ac839c8e7a.jpg

VAR Bukan Solusi Mencegah Kontroversi

var-piala-dunia-2018-30885b7f107c20c
var-piala-dunia-2018-269449840982209
SPORTKU.COM

Teknologi VAR (Video Assistant Referee) ternyata masih saja menimbulkan beberapa keputusan kontroversial di Piala Dunia 2018.

Salah satu terobosan baru dari Induk Sepak Bola Dunia (FIFA) di Piala Dunia 2018 ini adalah penggunaan teknologi VAR. Tidak baru-baru amat memang karena teknologi ini sudah dicoba sejak 2016, dan di musim lalu beberapa kompetisi seperti Bundesliga dan Serie A mulai resmi menerapkan teknologi ini.

Sejak awal, kehadiran VAR memang banyak menuai kontroversi karena dianggap menghilangkan spontanitas serta ketegangan di sepak bola. Memang tak sedikit pula yang mendukung hadirnya VAR, salah satunya karena akan menghilangkan kerugian yang bisa didapat oleh sebuah tim jika ada momen krusial yang tidak terlihat wasit.

Namun, sejauh Piala Dunia 2018 bergulir, hadirnya VAR beberapa kali memicu kontroversi. Seperti di pertandingan antara Maroko vs Spanyol. Di laga itu, kemenangan yang akan diraih Atlas Lions harus musnah setelah kebobolan di menit akhir oleh Iago Aspas.

Gol dari Aspas tersebut memang terkesan offside karena ia ada sedikit di depan pemain Maroko. Dan jika dilihat sekilas hal itu bisa menjadi perdebatan untuk meminta bantuan VAR, namun wasit Rasvhan Irmatov justru sama sekali tidak menggunakan VAR untuk memastikan hal tersebut yang akhirnya membuat pemain Maroko kesal.

Di pertandingan itu pula, Gerard Pique seharusnya mendapat kartu merah karena melakukan pelanggaran dua kaki langsung. Tapi lagi-lagi hal tersebut luput dari pengamatan wasit.

Baca Juga:
Camier Balapan Suzuka 8 Hours

Text : Aga Buge Katiara | Photo / Video : Istimewa | Editor: Andi Wahyudi | 3 July 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company