image Dilarang keras membawa atau menggunakan wadah berbahan kaca (Foto:  Yuzuru Sunada) Dilarang keras melakukan perubahan pada item resmi (Foto: Cyclingweekly)

Aturan di Tour de France yang Jarang Diketahui

Text : Adi Supriyatna | Photo / Video : Istimewa | Editor: Andi Wahyudi | Media Source: Cyclingweekly | 4 July 2018

uploads/news/2018/07/aturan-di-tour-de-112216733c09419.jpg

Aturan di Tour de France

14-aturan-tour-de-77069aa9dc2c3e9
14-aturan-tour-de-972357fffb66312
SPORTKU.COM

Tour de France memiliki aturan khusus yang mengatur jalannya lomba. Tidak hanya untuk pebalap tapi juga untuk tim dan staf.

Sebagai ajang balap sepeda bergengsi, Tour de France sudah tentu dilengkapi dengan berbagai aturan guna menjamin keselamatan dan keberlangsungan event kelas dunia tersebut.

Berikut adalah beberapa aturan yang jarang diketahui khalayak umum:

Pasal 6b – Dilarang keras membawa atau menggunakan wadah berbahan kaca.

Pasal 5 – Dilarang memakai kelengkapan anti air selain yang disediakan oleh penyelenggara lomba.

Pasal 9 - Pastikan tidak ada kendaraan milik tim yang terakreditasi, yang memiliki televisi di depan kendaraan tersebut.

Pasal 9 - Pebalap yang melakukan serangan, mengucapkan penghinaan, mengancam atau sengaja menyebabkan penundaan atau berdemonstrasi akan dikenakan sanksi.

Pasal 19 - Jika sekelompok pebalap terbagi menjadi dua, akibat penutupan di persimpangan, bagian pertama dari kelompok tersebut akan diperlambat atau dihentikan untuk memungkinkan pebalap yang telah ditunda untuk mendapatkan kembali tempat mereka di kelompok tersebut.

Pasal 21 - Untuk menghormati masyarakat, pemakaian kacamata, selain kacamata korektif, dan helm yang kaku (keras) dilarang selama semua prosesi resmi, di awal dan akhir.

Pasal 24 - Dalam hal dalam peringkat umum, jumlah kemenangan etape ditambahkan untuk setiap pebalap, diikuti oleh jumlah kemenangan intermediate sprint. Jika masih belum ada pemenang yang jelas, akan digunakan peringkat waktu individual.

Pasal 2 - Dilarang keras melakukan perubahan pada item resmi (bib short atau plat nomor).

Baca juga:
RANGKAIAN AKSI MEMUKAU PARA SLOPESTYLER DUNIA DI CRANKWORX LES GETS – 2018

Pasal 6b - Kendaraan tim dilarang keras melakukan “penyemprotan” kepada pebalap.

Pasal 28.2 - ASO dapat membuat pengecualian terhadap event, tim manapun atau anggotanya, dalam hal penipuan pabean atau penampilan yang tidak senonoh.

Pasal 30 - Untuk menghindari risiko konflik kepentingan, tim dan setiap anggotanya (pebalap, staf pengawas, pelatih, dokter, dll) diwajibkan untuk tidak ambil bagian, secara pribadi, dalam usaha taruhan olahraga tentang Tour de France, baik langsung atau melalui perantara.

Pasal 8 – Melakukan pengunduran diri dari balapan yang tidak adil dapat menyebabkan penarikan semua hadiah yang telah dimenangkan sejak awal perlombaan.

Pasal 21 - Setiap pemenang berhadiah yang menolak untuk mengambil bagian dalam proses resmi di awal dan akhir balapannya, akan dikenakan sanksi.

Pasal 14 - Semua pebalap dalam kelompok tertentu akan dikreditkan pada saat yang sama ketika mereka melewati garis finish. Perpecahan terjadi apabla jarak lebih dari 1 detik yang dicatat di antara dua pebalap. Juri pencatat waktu akan memberikan waktu baru. Namun, secara bertahap, diharapkan selesai dalam sprint banyak. Jeda waktu yang diperlukan untuk split adalah 3 detik.

Baca juga:
LEWAT DRAMA ADU PENALTI, INGGRIS PULANGKAN KOLOMBIA
 

Dilarang keras membawa atau menggunakan wadah berbahan kaca selama Tour de France (Foto: Yuzuru Sunada)

14-aturan-tour-de-77069aa9dc2c3e9.jpg

Text : Adi Supriyatna | Photo / Video : Istimewa | Editor: Andi Wahyudi | Media Source : Cyclingweekly | 4 July 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company