image David Franek juara road race H3 pada Para-cycling World Championships 2017 di Pietermaritzburg, Afrika Selatan (Foto: Andrew Mc Fadden/Boogs Photography) Ilustrasi: UCI Para-cycling Road World Cup 2018 di Ostend, Belgia (Foto: Saën Sunderland/Black Stag Productions)

Para-Cyclists Turut Berlomba di Tour de France

Text : Adi Supriyatna | Media Source: UCI | 7 July 2018

uploads/news/2018/07/para-cyclists-di-tour-de-30793ddecd3ee69.jpg

Para-Cyclists di Tour de France

para-cyclists-turut-berlomba-di-7095513b164dd7c
para-cyclists-turut-berlomba-di-693073634733642
SPORTKU.COM

Tour de France menjadi salah satu tour balap sepeda terbesar di dunia.

Namun, berbeda dengan tahun sebelumnya, pada Tour de France tahun ini juga akan diikuti oleh atlet para para-cyclists. Keikutertaan atlet-atlet para para-cyclists tersebut hanya pada 9 Juli mendatang pada etape Team Time Trial yang menempuh jarak 35,5km. Para-cyclists yang berlomba akan menggunakan menggunakan handbikes (sepeda yang dikayuh oleh tangan).

Inisiatif terbaru ini melibatkan handbikes belum pernah terjadi sebelumnya dan merupakan hasil kolaborasi antara penyelenggara Tour de France, ASO dan Federasi Handisport Prancis (Fédération Française Handisport/FFH). 

“Jadi, ini akan menjadi yang pertama bagi para atlet kami,” kata Direktur Olahraga Bersepeda FFH, Jérôme Dupré, yang menjadi inisiator event tersebut.

Baca juga:
ISSI KAB. TANGERANG SIAPKAN 4 ATLET UNTUK BERSAING DI KEJURNAS BALAP SEPEDA

Baca juga:
JACK MILLER PERNAH DIKHIANATI HONDA

“Saya tidak berpikir, mereka akan menghadapi lebih banyak kesulitan daripada pebalap sepeda yang berbadan sehat. Kohesi, keteraturan, ketepatan dan komunikasi di antara anggota tim selalu menjadi kunci dalam latihan semacam itu,” tambahnya.

Dupré juga menggarisbawahi: "Ini bukan soal membandingkan kinerja kami dengan para rider professional, tetapi lebih untuk menempatkan para-cyclist untuk lebih dikenal."

Anggota TTT akan berisi delapan rider terpilih - beberapa atlet Paralimpiade dan juara nasional Perancis - termasuk juara dunia kategori H3, David Franek.

Meski demikian, kompetisi tersebut bukan event resmi yang termasuk dalam regulasi UCI. Pada 2013 lalu, Tour de France telah menggelar event serupa, dimana atlet para Ceko, Jiri Jezek, yang diamputasi di bawah lutut kanan, membuka etape 11 yang berupa individual time trial, dari Avranches dan Mont-Saint-Michel.

David Franek juara road race H3 pada Para-cycling World Championships 2017 di Pietermaritzburg, Afrika Selatan (Foto: Andrew Mc Fadden/Boogs Photography)
para-cyclists-turut-berlomba-di-7095513b164dd7c.jpg

 

Text : Adi Supriyatna | Media Source : UCI | 7 July 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company