Peraturan Baru Yang Diperkenalkan Piala Dunia 2018

Text : Aga Buge Katiara | Photo / Video : Istimewa | Editor: Andi Wahyudi | 10 July 2018

Peraturan Baru di Pildun 2018

SPORTKU.COM

Banyak hal baru yang diperkenalkan FIFA di Piala Dunia 2018 kali ini, termasuk peraturan di dalam pertandingan

Sejak pertama kali dimulai pada 1930 silam, Piala Dunia memang terus berevolusi setiap edisinya. Dan di Rusia kali ini, tercatat ada tiga peraturan baru yang digunakan pertama kali oleh FIFA.

Salah satu yang paling mencolok tentu saja adanya Video Assistant Referee (VAR). Teknologi yang dibuat FIFA untuk mengurangi kontroversi dalam pertandingan ini memicu perdebatan.

Banyak yang menilai adanya VAR mengganggu estetika sepak bola yang menegangkan dan dramatis. Tapi, ada juga yang mendukung VAR, salah satunya agar kejadian di Piala Dunia 2010 tidak terulang, saat itu tendangan keras Frank Lampard terlihat jelas sudah melewati garis gawang namun wasit tidak melihatnya.  

Namun, kita lewati VAR, karena tanpa disadari ada dua peraturan lainnya yang hadir di Rusia kali ini. Diantaranya peraturan jumlah pergantian pemain. Piala Dunia 2018 ini menjadi pertama kalinya aturan empat pergantian pemain dipakai. 

Tapi, pergantian keempat bisa digunakan kalau pertandingan berlanjut hingga perpanjangan waktu. Jadi, dalam waktu 90 menit reguler pergantian pemain tetap tiga orang saja. 

Selanjutnya, peraturan baru yang dibuat FIFA adalah soal pelanggaran. Pecinta sepak bola yang sudah mengetahui aturan sebelumnya tentu paham, sebuah pelanggaran terhadap lawan atau striker yang dilakukan orang terakhir di pertahanan seharusnya mendapat kartu merah. 

Namun, di Piala Dunia 2018 hal itu diubah, selama pelanggaran tersebut sebagai upaya merebut bola dan tak ada maksud mencederai maka wasit hanya memberi kartu kuning dan penalti (jika terjadi di kotak penalti). Bisa dilihat dari pertandingan antara Denmark melawan Kroasia di 16 besar lalu.

Saat itu winger Kroasia, Ante Rebic, yang berhasil lolos dari pengawalan pemain Denmark dan tinggal berhadapan dengan kiper justru dilanggar oleh Mathias Jorgensen. Wasit pun langsung menunjuk titik putih, dan untuk Jorgensen ia masih selamat karena hanya mendapat kartu kuning. 

Segala aturan baru yang dibuat FIFA sebenarnya dimaksudkan untuk membuat pertandingan berjalan lebih fair dan menarik. Bukan tidak mungkin, di masa depan ada aturan baru yang akan diterapkan di Piala Dunia 2022 mendatang. 

Baca Juga:
Wimbledon Ogah Ubah Jadwal Pertandingan Final

Baca Juga:
Hadapi Inggris, Modric Takut!

 

Text : Aga Buge Katiara | Photo / Video : Istimewa | Editor: Andi Wahyudi | 10 July 2018

  • facebook share

RELATED NEWS

Gol Terbaik Piala Dunia 2018

Gol Terbaik Piala Dunia 2018

WORLD CUP
Bakti Dinamo Zagreb untuk Kroasia

Bakti Dinamo Zagreb untuk Kroasia

WORLD CUP
Kante, Sosok Sederhana Kunci Prancis

Kante, Sosok Sederhana Kunci Prancis

WORLD CUP
Rusia Mimpi Buruk Amerika Latin

Rusia Mimpi Buruk Amerika Latin

WORLD CUP

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company