Alasan DC United Datangkan Wayne Rooney

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : Sinclairstoryline | Editor: Andi Wahyudi | 12 July 2018

Alasan DC United Datangkan Rooney

SPORTKU.COM

Dengan mendatangkan Wayne Rooney, DC United ingin membangkitkan citra dan prestasi mereka di  Major League Soccer (MLS).

Wayne Rooney seakan tak kuasa untuk menolak tawaran gaji sebesar 10 juta poundsterling atau sekitar Rp187 miliar per musim dari klub DC United—sekaligus menjadikan dirinya sebagai pemain dengan bayaran terbesar dalam sepanjang sejarah klub tersebut.

Padahal, Rooney baru saja didatangkan oleh Everton di musim lalu dan mantan pemain Timnas Inggris itu pernah berujar menjadikan tim asal kota Liverpool itu menjadi klub terakhirnya sebelum memutuskan pensiun.

MLS sendiri memang kerap menjadi destinasi bagi pesepak bola terkenal untuk mengakhiri karir profesional. Selain mendapatkan bayaran yang besar, mereka tetap dapat berkompetisi secara kompetitif meski level sepak bola di sana tak seketat saat di Eropa.

Mengingat usia Rooney yang kini telah menginjak 32 tahun menjadikan keputusannya bermain di MLS adalah keputusan tepat lantaran apalagi masa kejayaan legenda Manchester United (MU) itu memang sudah habis.

Musim lalu ketika bermain di Everton, Rooney sejatinya tetap menjadi pilihan utama, tercatat ia tampil sebanyak 40 pertandingan. Namun, pemain yang menjadi pencetak gol terbanyak bagi Timnas Inggris itu hanya mampu mendulang 11 gol.

Kedatangan Marco Silva sebagai pelatih Everton yang baru membuat posisi dirinya terancam. Dari pada dicadangkan, lebih baik pergi. Apalagi, dalam acara perkenalan Rooney bersama DC United, ia masih ingin tampil secara kompetitif.

“Saya di sini untuk bersaing, saya di sini untuk menang. Begitulah cara saya selalu bermain dan akan selalu bermain,” kata Rooney seperti dikutip dari thetimes.

Namun alasan Rooney terbilang kontradiksi dengan kondisi DC United. Meski memiliki sejarah panjang sebagai salah satu klub paling banyak meraih gelar MLS sebanyak empat kali dan satu gelar Liga Champions CONCACAF pun sudah mereka miliki.

DC United kini menjadi pesakitan. Di MLS musim ini, tim berjuluk Black and Red itu berada di posisi paling buncit di wilayah timur dengan menempati posisi 11 dengan mengumpulkan 11 poin hasil dari dua kali menang, lima imbang, dan tujuh kali kalah.

Baca juga
West Ham Datangkan Andriy Yarmolenko

Tak heran banyak yang menyangsikan bahwa keputusan Rooney ke DC United adalah murni soal materi. Namun hal itu dibantah. Menurutnya dirinya memilih klub ini lantaran lingkungan Washington lebih baik ketimbang kota di Amerika lainnya.

“Aku merasa ini adalah tempat yang tepat untuk membawa keluarga. Aku pernah ke kota lain seperti Los Angeles dan New York, tapi tekanan hidup di sana cukup tinggi. Sementara di sini, aku bisa sedikit menenangkan diri,” kata Rooney dikutip dari BBC.

“Sama seperti di London yang penuh dengan tekanan. Aku mencoba menghindari hal-hal yang membuatku sulit beristirahat. Itulah mengapa aku memilih Washington sebagai tempat anakku tumbuh,” sambungnya.

Langkah Rebranding DC United

Erick Thorir dan Wayne Rooney (Republika)
wayne-rooney-sinclairstoryline--9996779092a30db.jpg

Bila menilik dari sisi DC United, kedatangan Rooney bukan hanya semata-mata untuk memperbaiki prestasi mereka di MLS musim ini meski tak memiliki kemungkinan untuk juara.

Barangkali kedatangan Rooney ke DC United adalah upaya yang dilakukan oleh klub untuk rebranding klub tersebut dengan pesan bahwa mereka ingin kembali bangkit untuk meraih prestasi di era modern.

Tak lama setelah Rooney datang, pihak manajemen DC United yang digawangi oleh Erick Thorir pun langsung meresmikan stadion baru milik mereka, Audi Field Arena yang dibuat sejak Juni 2017 lalu. Bahkan pemain asal Inggris itu pun ikut mengunting pita tanda peresmian stadion berkapasitas 20.00 orang tersebut.

"Kehormatan bagi saya dapat mempersembahkan Audi Field bagi para penggemar D.C. United. Seperti yang sudah saya janjikan beberapa tahun lalu saat saya membeli klub bersama rekan saya Jason Levien," ujar Erick Thohir seperti dikutip dari Republika.

“Sekarang era baru DC United telah dimulai. Ini akan mengembalikan kejayaan klub," sambungnya.

Kehadiran Rooney dan stadion baru merupakan kombinasi tepat bagi DC United untuk bisa bangkit dan kembali menjadi raksasa di MLS. DC United bisa gunakan Rooney dengan dua hal, pertama untuk meningkatkan prestasi dan sebagai magnet untuk mendatangkan pasar baru yang tak hanya berasal dari Amerika, tetapi juga dunia termasuk Asia.

Tentunya proses ini akan panjang, namun yang pasti langkah DC United sudah terbilang tepat.

Baca juga
Nadal Menangi Laga Epik

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : Sinclairstoryline | Editor: Andi Wahyudi | 12 July 2018

  • facebook share

RELATED NEWS

Chelsa dan Batasan Peminjaman Pemain

Chelsa dan Batasan Peminjaman Pemain

FOOTBALL
Pelatih Bologna Puji  Juventus

Pelatih Bologna Puji Juventus

FOOTBALL
Arsene Wenger Belum Mau Pensiun

Arsene Wenger Belum Mau Pensiun

FOOTBALL
Lampard Bangga Kalahkan Mentornya

Lampard Bangga Kalahkan Mentornya

FOOTBALL

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company