Tiga Mesin Andalan di MotoGP

Text : Harsya Fikmazi | Photo / Video : MotoGP | Editor: Andi Wahyudi | 12 July 2018

SPORTKU.COM

Jika dibagi berdasarkan penggunaan jenis mesin, MotoGP memiliki tiga mesin yang menjadi andalan setiap tim.

Setidaknya ada tiga jenis mesin motor yang digunakan dalam gelaran MotoGP. Ketiga mesin tersebut antara lain adalah mesin empat silinder segaris, empat silinder V, dan mesin empat silinder V dengan sudut kemiringan 90 derajat. Dari masing-masing jenis mesin tersebut, juga dipakai oleh satu atau dua tim berbeda. Seperti apa karakter masing-masing mesin tersebut? Berikut kami beberkan penjelasannya!

1. Mesin Empat Silinder Segaris (Inline)
Tim yang menggunakan mesin jenis ini adalah Suzuki dan Yamaha. Dimana, kedua tim balap tersebut, sangat bergantung pada keandalan mesin tersebut. Jika diperhatikan secara spesifikasi, baik Suzuki dan Yamaha, memiliki perbedaan dari sisi penerapan crankshaft. Suzuki, tim ini masih menggunakan sistem crankshaft flatplane, dimana piston yang paling ujung kiri dan kanan memiliki irama yang sama, ketika mereka di atas, maka piston yang berada di tengah berada di bawah, dengan kata lain sistem kerja piston akan meledak secara bergantian dengan sudut 180 derajat. Begitu pun sebaliknya.

Namun untuk Yamaha Movistar, meskipun mereka memiliki jenis mesin empat segaris yang sama, namun produsen garputala tersebut membedakannya dengan inovasi crankshaft. Untuk tim yang ditunggani oleh Valentino Rossi dan Maveric Vinales ini, mereka menggunakan inovasi dengan membenamkan crossplane crankshaft. Adapun sistem mekanis kerjanya, sangat berbeda jauh dengan flatplane. Untuk sistem crossplane crankshaft ini, setiap piston akan meledak saat sudut kemiringan sebesar 90 derajat. Artinya, piston yang nomor satu atau yang paling ujung, akan meledak lebih dulu, baru 90 dejarat kemudian, diikuti oleh piston nomor tiga. Begitu pun seterusnya, dan piston ini bekerja secara saling silang.

Adapun keuntungan yang didapat dengan mesin berkonfigurasi seperti ini adalah mampu mengisi tenaga dari rpm bawah hingga rpm atas. Sehingga, di setiap saat, limpahan tenaga yang dihasilkan akan selalu stimultan dan terus diproduksi secara kontinu.

Simak juga
Highlights MXGP Asia 2018

2. Mesin Empat Silinder konfigurasi V
Penggunaan jenis mesin ini terbilang banyak diminati di tim MotoGP. Sebut saja Honda Repsol, KTM, serta Aprilia, mereka mengusung mesin tersebut untuk bisa diandalkan dalam hal persaingan di atas lintasan balap. Meski Honda, Aprilia dan KTM sama-sama menggunakan jenis mesin yang sama, namun bukan berarti mereka bisa tampil beringas bersamaan di atas lintasan. Hal ini kembali lagi ke setting modul ECU, serta kejelian mekanik dalam mengolah data serta sumber daya yang ada di motor tersebut.

Namun, satu yang pasti, dalam pengaplikasian mesin jenis ini, penggunaan ruang di bawah fairing tidak begitu luas, bisa dikatakan dengan mengaplikasikan mesin jenis ini, motor menjadi lebih kompak.

3. Mesin Empat Silinder konfigurasi V 90 derajat
Untuk jenis mesin ini, hanya ada satu tim yang menggunakan. Ducati, merupakan satu-satunya tim yang tampil beda di ajang MotoGP dengan jenis yang berbeda pula. Sebenarnya, jenis mesin ini sama halnya seperti yang ada di Honda, yakni V, namun Ducati lebih berinovasi kembali dengan memainkan sudut V tersebut sehingga menjadi 90 derajat.

Selain menggunakan jenis mesin yang berbeda, Ducati juga ikut melakukan terobosan dalam hal penggunaan rocker arm, atau yang biasa disebut pelatuk. Ducati menggunakan teknologi yang dikenal dengan Desmodromic, yakni tidak lagi menggunakan pegas untuk mengembalikan posisi katup, tapi menggunakan nok dan tuas sehingga dipercaya menghasilkan rpm yang selalu tinggi. Sehingga, tidak heran ketika Ducati memang memiliki tenaga yang lebih besar saat beradu cepat di atas lintasan lurus.

Baca juga
Lima Teknik MTB Enduro yang Harus Dikuasai

Text : Harsya Fikmazi | Photo / Video : MotoGP | Editor: Andi Wahyudi | 12 July 2018

  • facebook share

RELATED NEWS

Syarat Mutlak Bikin Sirkuit MotoGP

Syarat Mutlak Bikin Sirkuit MotoGP

DID U KNOW
Data dan Fakta Sirkuit Aragon

Data dan Fakta Sirkuit Aragon

DID U KNOW
Data dan Fakta MotoGP Aragon

Data dan Fakta MotoGP Aragon

DID U KNOW
Mengenal Fitur Engine Cut Off

Mengenal Fitur Engine Cut Off

DID U KNOW

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company