image

Lika-Liku MotoGP Jerman di Sirkuit Sachsenring

Text : Suhartono | Photo / Video : MotoGP | 14 July 2018

SPORTKU.COM

Seri 9 MotoGP 2018 akan berlangsung di Sirkuit Sachsenring, Jerman pada akhir pekan ini, 14-15 Juli.

Grand Prix Sepeda Motor Jerman telah dimulai sejak puluhan tahun silam. Pertama kali diadakan pada tahun 1925. Namun saat itu masih level balap nasional. Sebelum akhirnya pada tahun 1952, menjadi salah satu bagian di kalender Grand Prix Motorcycle Racing World Championship.

Dua balapan sepeda motor di Jerman pertama kali diselenggarakan di AVUS -Automobile Traffic and Training Road- dalam bahasa Inggris yang baru dibuka untuk umum di tahun 1921. Empat kelas dibuka untuk para pebalap mulai dari 175cc, 250cc, 350cc, dan paling bergengsi di Kelas 50cc.

Tanpa sebab yang kurang jelas, balapan yang sama digeser ke trek baru dengan menggunakan fasilitas Sirkuit Nurburgring Nordschleife pada tahun 1927. Balapan di sana bertahan hingga tahun 1931. Di mana tahun 1932, tak ada event balap motor di Jerman.

Setelah tanpa hingar bingar suara knalpot balap, pada tahun 1933, GP Sepeda Motor kembali hadir di Jerman. Ini juga menandai kembalinya AVUS sebagai tuan rumah. Meski hanya bertahan satu musim saja. Baru di tahun 1934, GP Jerman dihelat di Sirkuit Sachsenring. Akan tetapi, saat itu trek balap belum menggunakan nama Sachsenring. Penyelenggara lebih memilih menggunakan nama Sirkuit Hohenstein-Ernstthal.

Dunia balap motor di Jerman kala itu masih terus mengalami gejolak. Balapan tak bertahan hanya di satu sirkuit saja. Banyak lokasi yang menjadi pilihan untuk menggelar balapan bergengsi ini. Selain Sirkuit Sirkuit Sachsenring, juga datang pesaing seperti Sirkuit Solitude, Schottenring, dan Hockenheim.

Baca Juga
Tinta Emas Pedrosa dalam Angka

Text : Suhartono | Photo / Video : MotoGP | 14 July 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company