Novak Djokovic, Kembalinya Sang Juara Wimbledon

Text : Maya Soeparwoto | Photo / Video : Wimbledon | 16 July 2018

Djokovic, Kembalinya Sang Juara Wimbledon

SPORTKU.COM

Setelah dua tahun, Novak Djokovic kembali meraih gelar Grand Slam pertamanya. Inilah Wimbledon keempat untuk Nole.

Drama monumental disajikan oleh kedua petenis, Novak Djokovic dan Kevin Anderson dalam dua semifinal terpanjang dalam sejarah Wimbledon. Aksi itu membuktikan sebagai sesuatu yang anti-klimaks dimana Djokovic mengakhiri absen gelar juara Grand Slam selama dua tahun.

Nole, panggilan akrab Djokovic yang merupakan unggulan ke-12, menang 6-2 6-2 7-6 (7-3) untuk mengklaim Grand Slam ke-13 - gelar utama pertamanya sejak Perancis Terbuka 2016, Minggu (15/7).

Petenis Serbia, 31, yang memulai bermain tenis pada usia empat tahun dengan cepat mengambil kendali untuk memenangkan set pembuka dalam 29 menit, mematahkan servis dua kali pada set kedua.

Pada set ketiga, Djokovic mengalahkan lima set poin, mendominasi tie-break untuk memastikan kemenangan.

Anderson yang sedianya akan menjadi petenis Afrika Selatan pertama yang memenangkan gelar tunggal putra, telah menghabiskan 21 jam di lapangan untuk mencapai final Wimbledon pertamanya. Tapi pada dua set pembuka, ia seperti kehilangan senjata dan secara klinis sang lawan mendominasinya.

Usai menjatuhkan sang lawan, Djokovic memeluk erat Anderson sebelum akhirnya melompat ke arah pelatih dan istrinya Jelena untuk meluapkan kegembiraannya.

"Saya memiliki banyak momen keraguan, saya tidak tahu apakah bisa kembali ke level ini untuk bersaing. Tidak ada tempat yang lebih baik untuk saya kemabali. Ini tempat suci untuk dunia tenis, ini sangat spesial," kata Djokovic

Nama Djokovic langsung menempati tempat keempat dalam daftar peraihan gelar tunggal putra Grand Slam sepanjang masa, menjauh dari posisi Roy Emerson dan menutup kesenjangan dari Roger Federer (20), Rafael Nadal (17) dan Pete Sampras (14). Mantan petenis nomor satu dunia ini akan kembali ke 10 besar saat peringkat terakhir akan dirilis pada hari Senin.

Djokovic kembali menjadi yang terbaik

Djokovic mendominasi pertandingan kelas pria pada awal dekade ini, memegang peringkat nomor satu selama 223 minggu dan menyelesaikan karir Grand Slam saat ia mengklaim gelar di Roland Garros dua tahun lalu.

Kemudian, gelar juara sebagai tak terkalahkan mulai jatuh dalam persoalan. Setelah kalah dari Sam Querrey di putaran ketiga Wimbledon 2016, Djokovic menyinggung kesulitan dalam kehidupan pribadinya dan penurunan performanya mulai mengikuti.

Kebugaran juga menjadi masalah, absen dari dua turnamen ATP Tour karena cedera siku, menyebabkan dirinya keluar dari top 20 dunia pada awal tahun ini untuk pertama kalinya sejak 2006. Namun kini, setelah kepelikan melanda, dia kembali di antara para elit petenis dunia setelah menempuh perjuangan luar biasa pada Wimbledon ini.

Djokovic mematahkan servisnya dua kali pada masing-masing dua set pembuka, membongkar permainan servis Anderson dan menggempurnya dalam reli panjang.

Gerak-gerik Anderson jarang terlihat lincah dan hanya sedikit variasi. Sikon ini membuat Djokovic sigap dan menang dalam dua jam dan 18 menit.

Baca Juga:
Kandaskan Ambisi Serena, Kerber Juarai Wimbledon

  • INTRO
  • 1

Text : Maya Soeparwoto | Photo / Video : Wimbledon | 16 July 2018

  • facebook share

RELATED NEWS

Tim Eropa Pertahankan Piala Laver!

Tim Eropa Pertahankan Piala Laver!

TENNIS
Roger Federer Selamatkan Tim Eropa

Roger Federer Selamatkan Tim Eropa

TENNIS
Djokovic Tersungkur, Eropa Tetap Unggul

Djokovic Tersungkur, Eropa Tetap Unggul

TENNIS
 Michael Jordan, Inspirasi Kemenangan Federer

Michael Jordan, Inspirasi Kemenangan Federer

TENNIS

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company