image Cal Crutchlow gagal finish di MotoGP Jerman 2018 Cal Crutchlow mengalami masalah ban depan saat tampil di MotoGP Jerman 2018

Masalah Ban Picu Kecelakaan Crutchlow

Text : Suhartono | Photo / Video : MotoGP | Editor: Andi Wahyudi | 18 July 2018

uploads/news/2018/07/masalah-ban-picu-kecelakaan-871164ac6f7b045.jpg

Biang Kerok Kecelakaan Crutchlow

motogp-jerman-2018-89717aae89903f7
motogp-jerman-2018-46920a1d06b199a
SPORTKU.COM

Cal Crutchlow menjadi korban ganasnya Sirkuit Sachsenring, Jerman saat menjalani balapan di Seri 9 MotoGP 2018 pada Minggu (15/7) lalu.

Pemakaian ban menjadi masalah serius para pebalap di ajang MotoGP 2018. Salah satu yang terkena dampaknya adalah Cal Crutchlow. Pebalap dari tim satelit LCR Honda ini harus menyelesaikan balapan lebih awal karena mengalami insiden kecelakaan.

Crutchlow yang tampil menggunakan ban depan hard dan belakang soft jatuh dan tak bisa melanjutkan balapan. Saat terjadi kecelakaan, Crutchlow tengah berada di peringkat 5. Ban depan yang mulai panas dan meningkatkan tekanan sehingga mengurangi daya cengkeram. Sedangkan kecelakaan terjadi di tikungan 12 pada lap 10 dari 30 lap.

"Saya memberikan segalanya dan itu tidak berhasil. Ban depan terlalu panas, terlalu banyak tekanan. Kami jelas dapat mengevaluasi setelah balapan dan melihat apa yang terjadi pada ban. Kami tahu sepeda motor menjadi semakin buruk dan lebih buruk pada setiap lap," ungkap Crutchlow.

Baca Juga
Tim Baru Glenn Coldenhoff di MXGP 2019

Pebalap asal Inggris itu mengungkapkan jika sebenarnya dirinya tahu apa yang tengah terjadi. Pada seri-seri sebelumnya dengan masalah yang sama, Crutchlow bahkan bisa mengantisipasinya. Namun di balapan kali ini, dirinya tak mampu memberikan pertolongan terhadap ban depan yang loyo.

"Ini masalah grip karena ban depan terlalu panas. Sama seperti tahun-tahun sebelumnya. Kami mencoba semua trik untuk menarik diri dari slipstream, untuk tidak duduk di belakang pebalap lain untuk menghindari panas pada ban," sambung Crutchlow yang sebenarnya menggunakan ban yang sama dengan Marc Marquez.

"Seperti yang kamu lihat pada Marc, dia sepertinya memainkannya dengan sempurna dengan posisinya di peringkat kedua di belakang Lorenzo. Ban depannya bagus dan ketika Lorenzo melakukan kesalahan, dia melewati dan mendapatkan udara segar."

Crutchlow yang gagal finish di MotoGP Jerman tak pelak memberikan banyak keuntungan untuk para pebalap lainnya. Seperti Jorge Lorenzo yang naik satu peringkat ke posisi 6. Juga Danilo Petrucci yang kini menduduki urutan 7 dari sebelumnya ke-8. Sedangkan Crutchlow sendiri harus turun 2 peringkat ke nomor 8 di klasemen sementara MotoGP 2018.

Baca Juga
Adira Ajak Bikers Kampanyekan Safety Riding
Berpisah Dengan Messi, Ini Jawaban Ronaldo

Text : Suhartono | Photo / Video : MotoGP | Editor: Andi Wahyudi | 18 July 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company