image INF Clairefontaine (Wikipedia) Presiden Prancis Emmanuel Macron  Pernah Jadi Pemain Sepak Bola (Twitter) Timnas Prancis Juara Piala Dunia 2018 (FIFA Official)

Inilah Rahasia Prancis Bisa Menjuarai Piala Dunia 2018

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : FIFA Official | Editor: Andi Wahyudi | 18 July 2018

uploads/news/2018/07/rahasia-prancis-juara-piala-11639c8c7b6f77c.jpg

Rahasia Prancis Juara Piala Dunia

timnas-prancis-juara-piala-965343d8ecfbd16
timnas-prancis-juara-piala-802912aba4f8993
timnas-prancis-juara-piala-699202fedd8c5ee
SPORTKU.COM

Lewat pembinaan pemain muda, Prancis bisa mengulangi prestasi pada tahun 1998 silam, yakni menjadi juara Piala Dunia 2018.

Prancis keluar sebagai juara Piala Dunia 2018 di Rusia. Gelar tersebut mereka raih usai menaklukan Kroasia dengan skor akhir 4-2 di laga final yang berlangsung di Luzhniki Stadium, Moscow, Minggu, 15 Juli 2018 lalu.

Kesuksesan tim berjuluk Les Blues menjadi juara membuat mereka berhasil mengulangi prestasi serupa pada tahun 1998 silam. Kini, total mereka telah mengumpulkan dua gelar juara Piala Dunia menyamai torehan Argentina dan Uruguay.

Tak heran bila Prancis mampu keluar sebagai pemenang. Sebelum Piala Dunia 2018 bergulir, mereka sudah menjadi salah satu tim favorit lantaran memiliki kedalaman skuat yang luar biasa mulai dari penjaga gawang sampai penyerang.

Bahkan bila menilik dari daftar pemain Prancis kenamaan yang beredar di liga papan atas Eropa saat ini, mereka bisa dibagi menjadi empat tim nasional berbeda. Bahkan, surplus pemain membuat pemain hebat seperti Riyad Mahrez dan Pierre-Emerick Aubameyang memilih membela negara lain—meski lahir di Prancis.

CIES Football Observatory yang merupakan salah satu lembaga riset terpercaya di dunia yang melakukan penelitian, riset, pendidikan dan konsultasi dalam bidang olahraga pada Mei 2017 lalu merilis daftar negara dengan pengekpor pemain terbanyak di dunia.

Tercatat Prancis mengekspor sebanyak 781 pemain ke negara lain. Jumlah tersebut menjadikan tim wakil UEFA itu sebagai negara terbanyak kedua yang menjadi “buruh” di negara lain di bawah Brasil yang mencatatkan 1.202 pesepak bola.

Namun, Prancis lebih unggul dari Brasil bila menilik dari jumlah pemain yang bermain di Eropa yang merupakan kiblat sepak bola dunia. Prancis sukses mencatatkan 86 persen pemain di benua biru sementara Brasil hanya 65 persen saja.

Dengan demikian, bisa dikatakan bahwa pemain Prancis laku keras lantaran memiliki kemampuan di atas rata-rata. Dan hal ini merupakan kesuksesan negara tersebut dalam menerapkan sistem pembinaan pemain usia dini.

Baca juga
Perjalanan Sejarah Avermaet

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : FIFA Official | Editor: Andi Wahyudi | 18 July 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company