image

Kalah Saing dengan Jonathan Rea, Tom Sykes Hengkang dari Kawasaki

Text : Suhartono | Photo / Video : WSBK | Editor: Andi Wahyudi | 18 July 2018

SPORTKU.COM

Kabar baru datang dari Tom Sykes di panggung World Superbike (WSBK).

Tom Sykes secara resmi mengumumkan hubungan panjangnya dengan Kawasaki Racing Team (KRT) di Kejuaraan Dunia WSBK akan selesai di akhir musim 2018. Kabar ini sebenarnya tidak begitu mengejutkan. Sebab beberapa waktu sebelumnya, Sykes memang telah diprediksi akan hengkang dari Tim Hijau tersebut.

Meski demikian, Sykes sendiri belum membocorkan kemana langkah selanjutnya untuk menghadapi tantangan di WSBK 2019. Kabarnya, pebalap asal Inggris ini akan bergabung dengan tim pabrik Yamaha. Entah untuk menggantikan Michael Van der Mark atau Alex Lowes.

“Saya merasa waktunya telah tiba, momen untuk membuat perubahan dalam karier saya dan mencari tantangan baru. Memiliki motivasi untuk mendorong hingga batas Anda dan mesin Anda adalah yang paling penting ketika Anda mencari kemenangan di setiap balapan dan saya merasa telah memberikan semua yang saya bisa bersama Kawasaki," ungkap Sykes.

“Jadi sekarang saya telah memutuskan untuk mundur dari proyek KRT untuk 2019 dan mencari tujuan dan tantangan baru. Saya sekarang akan berkonsentrasi untuk menyelesaikan balapan di podium selama empat putaran terakhir 2018. Saya bertekad untuk menikmati balapan saya dan membuat pengumuman ini secara efektif untuk mengakhiri semua spekulasi."

Baca Juga
Tim Baru Glenn Coldenhoff di MXGP 2019

"Waktu untuk mengambil keputusan dalam karier saya ini tidak mudah, sangat sulit karena kehidupan pribadi saya juga menghadapi perubahan besar. Mengenai ini, saya merasakan tekanan berat dan saya yakin 2019 akan memungkinkan saya beroperasi dengan kapasitas penuh," tutup Sykes.

Hubungan panjang Sykes dengan Kawasaki sudah dimulai sejak WSBK 2010 silam setelah musim sebelumnya dengan Yamaha. Debutnya bersama Kawasaki, Sykes hanya bisa bertengger di peringkat 14 klasemen akhir. Meraih kemenangan pertamanya dengan Kawasaki sekaligus menjadi kemenangan pertamanya di WSBK saat tampil di Race 2 seri Jerman 2011.

WSBK 2013 menjadi musim terbaik Sykes di ajang balap bergengsi ini. Dimana dirinya keluar menjadi Juara Dunia WSBK 2013. Namun di musim-musim berikutnya, Sykes tak mampu bersaing di sirkuit. Dia hanya bisa menjadi juara runner up pada musim 2014 dan 2016.

Sejak kedatangan Jonathan Rea di kubu Kawasaki pada 2015 lalu, Sykes seperti mati kutu. Gabungnya Rea di Kawasaki menjadikan Sykes 'tumpul'. Akan tetapi berbanding terbalik dengan raihan Rea yang bisa menjadi Juara Dunia WSBK bersama Kawasaki di musim 2015, 2016, 2017, dan kini di WSBK 2018 menjadi pemuncak klasemen sementara.

Sementara itu, Rea sendiri telah mengumumkan kontrak barunya dengan Kawasaki. Pebalap Irlandia Utara ini masih akan menjadi pebalap Kawasaki setidaknya hingga WSBk 2020 mendatang. Dikabarkan, Leon Haslam sedang dalam pembicaraan dengan Kawasaki untuk menjadi rekan setim Rea.

Baca Juga
Adira Ajak Bikers Kampanyekan Safety Riding
Karius, Kiper Terbaik di Premier League

Text : Suhartono | Photo / Video : WSBK | Editor: Andi Wahyudi | 18 July 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company