image

Putuskan Pensiun, Pedrosa Jadi Legenda MotoGP

Text : Suhartono | Photo / Video : MotoGP | Editor: Andi Wahyudi | 19 July 2018

SPORTKU.COM

Dani Pedrosa telah mengambil keputusan untuk mengakhiri kariernya sebagai pebalap MotoGP di akhir musim 2018 ini.

Selama kariernya sepanjang 18 tahun di ajang Grand Prix (GP) balap motor, telah banyak torehan prestasi yang dikantongi oleh Pedrosa. Setelah memutuskan untuk gantung helm, Presiden FIM Vito Ippolito dan CEO Dorna Carmelo Ezpeleta sepakat untuk menyematkan gelar MotoGP Legend kepada Pedrosa.

Karier internasional Pedrosa dimulai pada tahun 2001 di Kejuaraan Dunia GP125. Sebagai pebalap rookie, dia mengambil dua podium ketiga dan menyelesaikan musim pertamanya dalam sepuluh besar secara keseluruhan di urutan kedelapan.

Tahun berikutnya Pedrosa semakin liar di sirkuit. Dia mengambil kemenangan pertamanya di GP125 Belanda. Dua kemenangan berikutnya ditorehkan di Motegi dan Valencia. Pedrosa menyelesaikan musim balap 2002 di peringkat ketiga secara keseluruhan.

Pada musim 2003, Pedrosa masih berkutat di Kelas GP125. Pada musim terakhirnya di GP125, Pedrosa berhasil keluar sebagai juara dunia dengan lima kemenangan. Di tahun berikutnya, Pedrosa memutuskan untuk naik ke Kelas GP250 dan langsung menyabet gelar juara dunia. Masih di GP250 tahun 2005, Pedrosa kembali menjadi juara dunia.

Musim balap 2006 menandai debut Pedrosa di kelas utama MotoGP. Pada balapan ini, Pedrosa meraih podium pertamanya di Jerez dengan finish kedua dan kemudian hanya membutuhkan empat balapan untuk meraih kemenangan pertamanya ketika dia naik ke tangga teratas di Shanghai. Dia meraih kemenangan lain di tahun rookie-nya di Donington Park, dan mengakhiri musim di lima besar.

Baca Juga
Dari India, Api Obor Asian Games 2018 Tiba di Yogyakarta

Akan tetapi, kesuksesan Pedrosa di GP125 dan GP250 dengan raihan gelar juara dunia tak dapat dia rengkuh di Kelas MotoGP. Hingga kini posisi terbaiknya hanya bisa menduduki peringkat runner up, masing-masing di tahun 2007, 2010, dan 2012.

Meski tanpa gelar Juara Dunia MotoGP, Pedrosa akan bergabung dengan jajaran Legenda MotoGP dalam Hall of Fame MotoGP. Hall of Fame MotoGP pertama kali diperkenalkan pada tahun 2000. Hingga kini baru ada 26 pebalap yang telah meraih gelar Legenda MotoGP. Bahkan pebalap seperti Valentino Rossi juga belum mendapat predikat Legenda MotoGP.

“Dani Pedrosa benar-benar hebat. Juara Dunia pada mesin 125cc dan 250cc dan salah satu pebalap paling sukses yang pernah kami temui, Pedrosa telah memberikan kontribusi luar biasa untuk dunia balap sepeda motor selama karier yang panjang dan terhormat di MotoGP," ungkap Carmelo Ezpeleta, CEO Dorna Sports.

"Dengan warisan yang mencakup kemenangannya yang luar biasa selama bertahun-tahun, dan begitu banyak kemenangan dan podium, kami sangat bangga bahwa dia akan dilantik sebagai Legenda MotoGP," sambung Ezpeleta yang akan memberikan gelar untuk Pedrosa di balapan Valencia pada November mendatang.

Sepanjang kariernya di MotoGP, Pedrosa telah mengumpulkan 112 podium (31 di antaranya menangi balapan). Raihan Pedrosa menyamai rekan senegaranya Jorge Lorenzo dan hanya Rossi yang memiliki jumlah podium paling banyak (195).

Baca Juga
Tak Ada Nama Rossi, Ini Daftar Legenda MotoGP
Tim Baru Glenn Coldenhoff di MXGP 2019

Text : Suhartono | Photo / Video : MotoGP | Editor: Andi Wahyudi | 19 July 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company