image

Dilatih Maurizio Sarri, Akankah Chelsea Bermain Menyerang?

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : The Mirror | Editor: Andi Wahyudi | 23 July 2018

SPORTKU.COM

Chelsea yang belakangan cenderung bermain bertahan apakah akan mengubah kebiasaan mereka ketika dilatih oleh Maurizio Sarri.

Chelsea dipastikan tak akan menggunakan jasa Antonio Conte di musim 2018/2019. Sebagai gantinya, klub asal London tersebut menunjuk mantan pelatih Napoli, Maurizio Sarri untuk menjadi suksesor.

Kehadiran Sarri di Stamford Bridge pun menjadi sebuah tanda tanya besar mengingat Chelsea memiliki budaya merekrut pelatih kenamaan untuk menjadi nahkoda lantaran besaran ekspetasi Roman Abramovich, empunya klub yang memiliki ambisi untuk memenangkan gelar.

Sepanjang karir sebagai pelatih, Sarri sendiri lebih sering melatih tim di Serie C dan Serie B di Italia. Prestasi terbaik berusia 59 tahun itu adalah membawa Empoli promosi ke Serie A pada akhir musim 2013/14.

Ketika Sarri ditunjuk sebagai pelatih Napoli pada musim panas 2015 lalu, manajemen Partenopei pun mendapatkan kritik dari legenda klub, Diego Maradona yang menganggap pelatih yang sempat menjalani karir pegawai sebuah bank Monte dei Paschi di Siena itu pelatih medioker.

Namun, pada akhirnya Maradona meminta maaf lantaran Napoli di tangan Sarri menjadi salah satu tim kuat di Serie A sekaligus sebagai pesaing kuat Juventus dalam merebutkan gelar scudetto.

Meski gagal memenangkan satu gelar pun bersama Napoli, namun Sarri dianggap mampu membuat tim asal Napies itu menjadi salah satu tim yang paling aktraktif tak hanya di Italia, tetapi juga di Eropa lewat gaya menyerang pelatih yang dikenal sebagai perokok berat itu.

Dikutip dari penyedia statistik sepak bola, Whoscored. Pada musim 2017/2018 lalu, Napoli mencetak 77 gol di Serie A. Hal tersebut menjadikan mereka sebagai tim ketiga paling subur di Italia di bawah Lazio (89 gol) dan peraih Scudetto, Juventus (86) gol.

Tak hanya itu, bila menilik dari total shots per games, Napoli ada di urutan keempat di lima liga top Eropa dengan raihan 17,3 total tendangan. Berbeda tipis dengan juara Liga Inggris, Manchester City (17,5), pemenang Bundesliga Bayern Munchen (17,7), dan kampiun La Liga, Real Madrid (18,4).

Baca juga
Rider Unggulan Mendominasi

Adapun kunci mengapa tim yang dilatih Sarri bisa bermain atraktif adalah kehebatan Sarri dalam memaksimalkan ketajaman yang mereka miliki. Gonzalo Higuain yang angin-anginan mampu dibuat dirinya sebagai penyerang tajam—dengan keluar sebagai top skor di musim 2015/2016. Tak heran bila pada musim berikutnya Juventus berani mengeluarkan biaya transfer sebesar 90 juta euro atau sekitar Rp1,5 triliun.

Hebatnya, Sarri tak butuh waktu lama untuk mencari pengganti sepadan Higuain. Dries Mertens, seorang winger disulap menjadi false nine. Hasilnya, dalam dua musim terakhir, pemain asal Belgia itu selalu mencetak dua digit di Serie A.

Tak heran bila pelatih Manchester City, Pep Guardiola memuji Napoli asuhan Sarri sebagai salah satu tim terbaik yang pernah ia hadapi sepanjang karirnya sebagai pelatih di mana kebetulan pelatih asal Spanyol itu bertemu Napoli di Liga Champions.

“Mereka adalah salah satu tim terbaik di Eropa saat ini. Ini adalah salah satu kemenangan yang paling saya banggakan di sepanjang karier saya. Napoli, karena cara mereka bermain, tentu saja mereka bisa memenangkan liga,” kata Guardiola seperti dikutip dari ESPN.

Dalam sesi perkenalan Sarri kepada publik, ia mengaku akan menerapkan permainan menyerang di Chelsea seperti yang ia tunjukan saat di Napoli.

"Saya harap kami bisa memberikan sepakbola yang menghibur bagi para penggemar kami, dan bahwa kami akan bersaing untuk meraih piala di akhir musim, yang pantas didapatkan klub ini," ungkap Sarri seperti dikutip dari situs resmi Chelsea.

Tentu menjadi hal yang menarik ditunggu sentuhan gaya menyerang Sarri di Chelsea yang sudah jelas mendobrak tradisi klub yang belakangan cenderung bermain bertahan ketika dilatih oleh Conte dan Jose Mourinho.

Baca juga
Cara Mengatur Ketinggian Sadel

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : The Mirror | Editor: Andi Wahyudi | 23 July 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company