image

Rekam Jejak Karier Papa Crutchlow, dari Sepakbola Hingga MotoGP

Text : Suhartono | Photo / Video : MotoGP | Editor: Andi Wahyudi | 24 July 2018

Crutchlow mulai tertarik dengan balap motor 
 
Darah balap yang mengalir dari sang ayah ternyata tak mampu dihindari oleh Crutchlow. Kendati pada awalnya bertentangan dengan pilihan hati, namun Crutchlow mau tak mau harus meneruskan mimpi sang ayah untuk menjadi seorang pebalap profesional.
 
Saat masih menginjak usia 17 tahun, Crutchlow sudah berhasil memenangkan UK Junior Challenge. Raihan itu tercatat pada tahun 1999. Prestasi lain yang mampu dia torehkan juga kemenangannya di ajang Aprilia RS125 Challenge pada tahun 2001. Dia juga menjadi runner-up di Yamaha R6 Cup 2003 di belakang Tommy Hill.
 
Mulai paham dengan kehidupan nyata di dalam sirkuit, Crutchlow lalu mulai melebarkan sayap. Di tahun 2004, Crutchlow turun di ajang British Supersport Championship dengan motor balap Honda. Hingga tahun 2006, dirinya masih balapan di sini.
 
Menjadi tahun terakhir di British Supersport Championship, musim balap 2006 sekaligus menjadikannya sebagai juara umum setelah di sebelumnya hanya bertengger di posisi 3 klasemen. Tahun 2005 dan 2006 juga menandai kiprah Crutchlow di balapan World Supersport Championship dengan statusnya sebagai pebalap wildcard.
 
Masih di wilayah Inggris, tahun 2007 Crutchlow naik ke kelas British Superbike Championship. Debutnya di balapan ini hanya membuat dirinya bertengger di peringkat 9 klasemen akhir. Baru di tahun berikutnya dia memperbaiki posisi meski hanya bisa menduduki posisi 3. Tahun 2008 Crutchlow juga mendapatkan tiket untuk jajal sirkuit balap di WSBK.
 
Karier berikutnya di tahun 2009, mengandalkan motor balap Yamaha, Crutchlow menjajal kemampuannya di panggung dunia. Selama satu musim penuh, Crutchlow balapan di World Supersport Championship. Musim itu sekaligus membuatnya sebagai juara dunia.
 
Berhasil menjadi juara dunia World Supersport Championship, memberikan kesempatan Crutchlow untuk hengkang ke kelas premier WSBK di tahun 2010. Satu musim di WSBK, dirinya mampu mengoleksi 284 poin untuk merangsek ke peringkat 5 klasemen akhir. Sebuah pencapaian luar biasa di musim debutnya.
 
Baca Juga
Deretan Pebalap Terbaik MotoGP Tanpa Gelar Juara Dunia
 

Text : Suhartono | Photo / Video : MotoGP | Editor: Andi Wahyudi | 24 July 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company