Kapan Waktu yang Tepat untuk Overhaul Mobil Harian?

Text : Harsya Fikmazi | Photo / Video : Harsya Fikmazi | 24 July 2018

SPORTKU.COM

Tidak hanya mobil balap saja yang harus dioverhaul untuk menjaga performanya. Mobil yang digunakan harian pun harus melakukan overhaul.

Overhaul bisa diartikan juga sebagai turun mesin. Namun biasanya, banyak kalangan menganggap bahwa turun mesin tersebut hanya dilakukan oleh mobil-mobil balap. Akan tetapi, untuk mobil harian rupanya hal tersebut juga harus diperhatikan. Kebiasan yang terjadi di kalangan masyarakat umum, mereka sering kali tidak mengindahkan treatment macam ini, sehingga ketika mobil sudah dalam keadaan tidak prima, baru dilakukan overhaul.

Sejatinya, menurut Hadi Taruna atau yang akrab disapa Hatar, mekanik balap dari tim BJB Pertamax Turbo GRT, treatment tersebut harus dilakukan berdasarkan jarak tempuh dari mobil itu, atau dengan bahasa lain bisa dilihat jarak dari kilometer mobil. Idealnya, untuk melakukan overhaul ada beberapa hal yang bisa dijadikan sebuah patokan.

Baca juga:
TIGA MESIN ANDALAN DI MOTOGP

"Kalau secara umum, kita bisa melihatnya dari kilometer. Biasanya kalau sudah di atas 150.000 kilometer atau sudah mencapai 150.000 kilometer, sudah harus dioverhaul. Dengan kondisi jarak tempuh tersebut, mau tidak mau, harus dioverhaul. Atau bahasanya itu, rusak tidak rusak, mobil harus tetap dioverhaul," buka Hatar.

Selain dari jarak tempuh, Hatar juga menambahkan bahwa untuk ciri-ciri fisik mobil yang sudah harus dioverhaul juga terlihat dari beberapa faktor. Antara lain dari ruang mesin dan dari sisa pembuangan kendaraan.

"Kalau dari tanda-tanda, biasanya ring pistonnya sudah mulai lemah. Dengan begitu, otomatis kompresi di mesin juga akan turun. Contoh lainnya adalah busi banyak berkerak oli, terus mobil boros, apalagi ada asap putih dari knalpot. Dan juga oli-oli yang mulai merembes di beberapa bagian, berarti itu adalah tanda-tanda mobil sudah harus dioverhaul," tambahnya.

Baca juga:
BIKIN MOBIL BALAP? BERIKUT PANDUANNYA!

Sejatinya, pengerjaan overhaul tersebut adalah sama dengan mendekati kondisi mesin seperti sedia kala. Untuk pengerjaannya, biasanya mobil yang harus dioverhaul tersebut mesinnya harus diturunkan secara utuh. Setelah itu, dicek satu persatu bagian-bagian vitalnya. Ini ditujukan agar kompresi yang tadinya hilang bisa dikembalikan.

"Mendekati spek pabriknya lagi. Misalkan, mobil 1.500 cc, itu kompresinya 10, kalau kurang berarti ring pistonnya kita ganti. Terus di bagian cylinder headnya juga kita bersihkan. Selain itu juga bisa dilihat bagian valvenya, dan diperbaiki agar nutupnya sama seperti aslinya. Dan packing head juga harus diganti, sehingga tenaga yang dihasilkan tetap terjaga seperti aslinya lagi," tambahnya.

Kalaupun pemilik mobil tersebut tidak melakukan overhaul, maka akan ada dampak yang mereka terima. Lebih detail lagi, pemilik workshop Engine Block Autoworks ini menjabarkan perihal dampak negatif apa yang akan terjadi.

Baca juga:
REGULASI BARU FORMULA 1 2019

"Dampaknya sih kalau secara teknis akan ada penurunan. Penurunan performa, penurunan kinerja mesin. Termasuk menjadi lebih borosnya penggunaan bahan bakar, ini dikarenakan banyaknya kerak di intake manifold. Dengan jarak tempuh 150.000 kilometer tersebut, tentu banyak kerak yang dihasilkan. Selain itu oli juga akan menjadi lebih panas, dan lama-lama akan menimbulkan kerak," beber Hatar.

Sedangkan untuk lamanya pengerjaan, biasanya dalam melakukan overhaul, paling tidak membutuhkan waktu sekitar tiga sampai tujuh hari. Itu disebabkan mekanik harus mengecek bagian-bagian tadi agar bisa kembali prima.

Text : Harsya Fikmazi | Photo / Video : Harsya Fikmazi | 24 July 2018

  • facebook share

RELATED NEWS

Dari Mana Malaysia Biayai Pebalapnya?

Dari Mana Malaysia Biayai Pebalapnya?

DID U KNOW
Event Balap di Bawah Dorna

Event Balap di Bawah Dorna

DID U KNOW
Data dan Fakta Sirkuit Chang

Data dan Fakta Sirkuit Chang

DID U KNOW
Misteri Lubang Lampu Mobil Balap

Misteri Lubang Lampu Mobil Balap

DID U KNOW

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company