image Ilustrasi:  Bersepeda dapat memperkuat sistem kekebalan Tubuh

15 Manfaat Mengapa Anda Harus Bersepeda (Bagian 2)

Text : Adi Supriyatna | Photo / Video : Adi Supriyatna | Editor: Dedi Hermawan | Media Source: Cyclingweekly | 25 July 2018

uploads/news/2018/07/15-manfaat-bersepeda-591801653b42e48.jpg

15 Manfaat Bersepeda

krakatau-granfondo-2017-661032b2d432898
SPORTKU.COM

7. Berdampak rendah (low-impact)

Kebanyakan dari kesimpulan yang didiskusikan, ketika kita berbicara tentang manfaat bersepeda, adalah dengan latihan terkait. Sekilas mungkin lebih mudah bila hanya berlari (running).

Running adalah high impact dan oleh karena itu tingkat cederanya lebih tinggi. Bersepeda, berbeda dengan berlari, bukan high impact.

Ketika para ilmuwan membandingkan sekelompok olahragawan -pelari jarak jauh dan pesepeda, mereka menemukan bahwa pelari menderita 133 hingga 144 persen lebih banyak kerusakan otot, 256 persen lebih mengalami peradangan dan DOMS (rasa nyeri dan tidak nyaman yang terjadi setelah melakukan latihan yang tidak biasa dilakukan atau intensitas tinggi) 87 persen lebih tinggi.

Sementara bersepeda cenderung tidak menghasilkan cedera yang berlebihan. Meski masih bisa muncul. Menyesuaikan ukuran sepeda adalah ide yang bagus.

Dengan berkurangnya beban, juga berarti bersepeda tidak mempengaruhi kepadatan tulang seperti olahraga lainnya. Jadi, boleh juga memasukkannya latihan kekuatan ke program Anda.

8. Menghemat waktu
Perjalanan yang singkat berkontribusi besar terhadap tingkat pencemaran global, dan sering banyak makan waktu karena macet. Dengan bersepeda, Anda akan menghemat bensin atau ongkos transportasi umum, serta waktu.

9. Meningkatkan keterampilan navigasi
Alat navigasi berbasis ponsel  juga Google maps tidak banyak membantu untuk menajamkan kemampuan Anda dalam membaca “arah”.

Kecuali Anda telah berinvestasi untuk komputer bersepeda GPS yang memiliki kemampuan pemetaan, seperti Garmin 1000, kemudian keluar dan menjelajahi lajur yang dapat memberikan latihan penting untuk kemampuan pemetaan internal Anda, memberi Anda kemampuan yang lebih baik (dengan praktik).

10. Meningkatkan kehidupan seks
Sebagian besar dari kita tahu bahwa seks adalah hal yang baik. Tetapi tidak semua orang tahu bahwa itu sebenarnya baik untuk kesehatan Anda secara keseluruhan. Bahkan, seks bisa memperpanjang hidup Anda.

Dr. Michael Roizen, yang memimpin Wellness Institute di Klinik Cleveland, mengatakan: "Pria yang memiliki 350 orgasme setahun, dibandingkan dengan rata-rata nasional, yang sekitar seperempat dari itu, bisa hidup sekitar empat tahun lebih lama." Temuan serupa terungkap untuk wanita.

Bersepeda juga dapat membangun beberapa kelompok otot yang penting. Dr Matthew Forsyth, ahli urologi dan pesepeda dari Portland, Oregon, berkomentar: “Semua otot ini (yang bekerja saat bersepeda) digunakan selama hubungan seksual. Semakin baik mengembangkan otot-otot ini, akan menciptakan hubungan seksual yang lebih lama dan lebih atletik.”

11. Tidur lebih baik
Para peneliti di University of Georgia telah mempelajari pria dan wanita berusia 20 hingga 85 tahun selama periode 35 tahun, dan menemukan bahwa terjadi penurunan kebugaran 2 persen untuk pria dan 4 persen untuk wanita yang mengakibatkan masalah pada tidur.

Dr. Rodney Dishman, salah satu penulis utama, berkomentar: “Penurunan tajam dalam kebugaran kardiorespirasi terjadi antara usia 40 dan 60. Ini juga ketika masalah durasi dan kualitas tidur meningkat.”

Mencari penyebab di balik hubungan yang oleh para ilmuwan sarankan itu, bisa menjadi pengurangan kecemasan, yang disebabkan oleh latihan, yang meningkatkan kemampuan untuk tidur. Olahraga juga melindungi dari penambahan berat badan, seiring bertambahnya usia, yang merupakan penyebab lain dari disfungsi tidur.

Baca juga:
HIGHLIGHTS EWS 2018 ITALIA

12. Meningkatkan kekuatan otak
Berolahraga telah berulang kali dikaitkan dengan kesehatan otak dan pengurangan perubahan kognitif yang dapat membuat kita rentan terhadap demensia di kemudian hari.

Sebuah studi pada tahun 2013 menemukan bahwa selama latihan, aliran darah pesepeda di otak meningkat 28 persen, dan hingga 70 persen di daerah-daerah tertentu. Tidak hanya itu. Setelah latihan, di beberapa daerah aliran darah tetap naik hingga 40 persen bahkan setelah olahraga.

Peningkatan aliran darah ini sangat baik karena benda merah tersebut memberikan semua hal yang membuat kita tetap sehat. Penelitian tersebut menyimpulkan bahwa kita harus bersepeda selama 45 hingga 60 menit, pada 75 - 85 persen dari denyut jantung maksimal, dikurangi denyut jantung saat istirahat, sebanyak empat kali seminggu.

13. Meningkatkan handling dan kesadaran spasial
Bersepeda bukan hanya dapat meningkatkan detak jantung dan membuat Anda sesak napas - kecuali Anda melakukannya di Zwift (alat bantu bersepeda). Ada elemen teknis - memanjat, turun dan menikung – yang semua mengajarkan Anda untuk menggunakan berat badan Anda untuk membuat sepeda melaju ke tempat yang Anda inginkan.

Mendapatkan keterampilan untuk mengelola elemen teknis ini dapat memberikan dorongan kepercayaan yang besar - terutama ketika Anda mulai melihat peningkatan.

14. Memperkuat sistem kekebalan tubuh
David Nieman dan rekan-rekannya, di Appalachian State University mempelajari 1.000 orang dewasa hingga usia 85 tahun. Mereka menemukan bahwa olahraga memiliki manfaat besar bagi kesehatan sistem pernapasan bagian atas - sehingga mengurangi flu biasa.

Nieman mengatakan: "Orang-orang dapat mempesingkat hari sakit mereka sekitar 40 persen dengan berolahraga secara aerobik di sebagian besar hari dalam seminggu. Sementara, pada saat yang sama menerima banyak manfaat kesehatan terkait latihan lainnya."

Profesor Tim Noakes, ahli olahraga di Universitas Cape Town, Afrika Selatan, juga mengatakan bahwa olahraga ringan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan meningkatkan produksi protein penting dan membangun sel darah putih.

Mengapa memilih sepeda? Bersepeda untuk bekerja dapat mengurangi waktu perjalanan Anda, dan membebaskan Anda dari kuman yang tredapat di bus dan kereta.

Bukti menunjukkan bahwa segera setelah latihan yang intens - seperti sesi latihan interval, sistem kekebalan tubuh Anda diturunkan - tetapi pemulihan yang cukup, seperti makan dan tidur nyenyak- dapat membantu mengembalikan hal itu.

15. Menumbuhkan lingkaran sosial
Bersepeda adalah olahraga yang sangat ramah. Bersepeda dengan berkeliling kota menjadi budaya klub bersepeda. Dengan bersepeda dalam beberapa jam dengan intensitas yang memungkinkan untuk berinterkasi dengan mudah, hanya terganggu oleh perhentian di kafe (atau kadang-kadang ban yang kempes atau bocor).

Bergabung dengan klub atau komunitas bersepeda adalah cara terbaik untuk mengembangkan lingkaran sosial Anda, dan jika Anda baru bersepeda, Anda mungkin akan menemukan semua saran tentang perawatan dan pelatihan yang mungkin Anda butuhkan, di sana juga.

Ilustrasi: Bersepeda dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh

krakatau-granfondo-2017-661032b2d432898.jpg

 Baca juga:
KARENA SUHU EKSTREM, PEMAIN BAYER LEVERKUSEN TAK SADARKAN DIRI

Text : Adi Supriyatna | Photo / Video : Adi Supriyatna | Editor: Dedi Hermawan | Media Source : Cyclingweekly | 25 July 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

Mengenal Teknologi SSG pada MotoGP

Mengenal Teknologi SSG pada MotoGP

DID U KNOW
Rahasia Tubuh Bugar Ryan Giggs

Rahasia Tubuh Bugar Ryan Giggs

DID U KNOW
Nih, Besarnya Kontrak Rafid Topan

Nih, Besarnya Kontrak Rafid Topan

DID U KNOW
Begini Pebalap MotoGP Oper Gigi

Begini Pebalap MotoGP Oper Gigi

DID U KNOW

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company