Mengantisipasi Mobil yang Cenderung Understeer

Text : Harsya Fikmazi | Photo / Video : Drivingfast | Editor: Andi Wahyudi | 27 July 2018

Antisipasi Mobil Understeer

SPORTKU.COM

Dalam kondisi mengemudi, ada dua permasalahan yang kerap dialami, yakni understeer dan oversteer. Untuk mengantisipasinya, Anjasara Wahyu berikan sedikit tips.

Setiap mobil memiliki karakter understeer atau oversteer, jarang sekali ada karakter mobil yang bersifat netral. Untuk mengantisipasinya, Juara Nasional Slalom A 2017, Anjasara Wahyu, turut membagi cara mengantisipasi kondisi understeer saat berkendara. Satu hal yang digaris bawahi oleh Anjas adalah, ketika dalam kondisi tersebu, diharapkan pengemudi jangan terlalu mendadak untuk melakukan koreksi setir dan gerak mobil.

Baca juga:
TAKTIK BALAPAN ALA ALVIN BAHAR

Kalau misalkan kita ada di kondisi understeer, kita pasti panik dengan menginjak rem. "Tapi sebenarnya itu salah, karena saat kondisi understeer dan ditambah menginjak rem, maka mobil akan semakin understeer, karena dia ngunci dan tidak bisa berbelok," terang Anjasara Wahyu kepada SPORTKU. Selain itu, setelah kondisi mobil bisa dikendalikan, jangan terlalu cepat koreksi, karena masih ada gerakan mobil yang belum sempurna.

"Ketika dalam konsisi tersebut, hal pertama yang kita lakukan adalah mengangkat gas dengan perlahan, jangan terlalu full dilepas, dan ketika mobil sudah bisa dikontrol, baru kembali dibelokan setirnya. Karena, kalau semuanya mendadak, baik itu ngerem mendadak atau lepas gas mendadak, kondisinya maka akan lebih sulit. Mobil seperti ngelock jadinya, sehingga harus perlahan-lahan untuk mengantisipasinya," beber Anjas.

Baca juga:
RAHASIA DI BALIK KEKOMPAKAN MEKANIK

Adapun kondisi understeer ini disebabkan karena kondisi mobil yang susah berbelok karena disebabkan oleh akselerasi yang terlalu cepat. Sehingga, gerak mobil bukan berbelok, namun lebih cenderung lurus. Kalau di dunia balap, dijelaskan tidak mengikuti racing line dengan benar. Sehingga, gerak berbelok mobil menjadi sedikit melebar dari garis linear.

"Kalau understeer itu, ketika kita akan belok kanan, maka mobil cenderung lurus. Angkat gas pelan-pelan, kondisi setir tetap sama disamain ke kanan, baru di kontrol secara perlahan," pungkas peslalom berkacamata ini.

tim-bank-bjb-bmb-motorsport-946316704b7fb9b.png

Text : Harsya Fikmazi | Photo / Video : Drivingfast | Editor: Andi Wahyudi | 27 July 2018

  • facebook share

RELATED NEWS

Dari Mana Malaysia Biayai Pebalapnya?

Dari Mana Malaysia Biayai Pebalapnya?

DID U KNOW
Event Balap di Bawah Dorna

Event Balap di Bawah Dorna

DID U KNOW
Data dan Fakta Sirkuit Chang

Data dan Fakta Sirkuit Chang

DID U KNOW
Misteri Lubang Lampu Mobil Balap

Misteri Lubang Lampu Mobil Balap

DID U KNOW

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company