image

Mengenal Safety Car Pertama di Formula 1

Text : Harsya Fikmazi | Photo / Video : Pinterest | 28 July 2018

SPORTKU.COM

Jauh sebelum era Mercedes bertindak sebagai safety car, produsen yang satu ini telah lebih dulu menjadi safety car di F1.

Tepatnya saat 1973 silam, dalam Grand Prix Kanada, safety car pertama Formula 1 akhirnya dikeluarkan. Balapan saat itu memang dalam kondisi trek yang sangat basah. Sehingga, ada sebuah kecelakaan yang menyebabkan pebalap Francois Cevert dan Scheeckter di lap ke-32. Dari situlah awal mula safety car pertama keluar dalam gelaran Formula 1.

Siapa sangka bahwa produsen otomotif asal Jerman, Porsche, melalui produknya yakni Porshce 914, merupakan safety car pertama di ajang Jet Darat tersebut. Mobil ini pertama kali di keluarkan karena melihat banyaknya kecelakaan terjadi di atas lintasan. Namun, ada sebuah kisah menarik di balik keluarnya safety car tersebut untuk pertama kalinya dalam sejarah.

Baca juga:
ANTISIPASI MOBIL UNDERSTEER

Tidak seperti saat ini, kala itu safety car yang keluar lintasan dalam kondisi yang salah. Dalam artian, seharusnya Porsche tersebut memimpin di depan posisi terdepan. Namun, karena saat itu informasi yang diberikan masih minim, jadilah Eppie Wietzes yang bertindak sebagai pengemudi safety car salah menempatkan mobilnya. Ia malah memimpin balapan bukan di posisi terdepan, oleh karena itu formation lap di belakang safety car menjadi kacau dalam beberapa saat.

Akibat kekacauan tersebut, dalam pengumuman pemenang di akhir balapan pun menjadi tertunda. Berdasarkan informasi yang beredar, penyelenggara butuh waktu berjam-jam untuk mengumumkan siapa yang menjadi juara GP Kanada saat itu. Namun akhirnya, Peter Revson, pebalap McLaren-Ford ditetapkan secara sah sebagai juara pertama di GP Kanada 1973. Seiring berjalannya waktu, mobil safety car pun silih berganti dari berbagai merk.

Mobil eksotis besutan Lamborghini, yakni Countach, juga pernah didaulat sebagai safety car dalam gelaran F1. Hal tersebut terjadi di tahun 1980 saat balapan berlangsung di Monaco. Mobil dengan konfigurasi mesin V12 tersebut, merupakan satu-satunya mobil supercar yang pernah berperan sebagai safety car. Hingga era saat ini, produsen Mercedes, terus mendominasi untuk menjadi safety car di setiap balapan paling bergengsi tersebut.

Baca juga:
RAHASIA DI BALIK KEKOMPAKAN MEKANIK

Text : Harsya Fikmazi | Photo / Video : Pinterest | 28 July 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company