image giuseppe rossi (De Puntin) giuseppe rossi (Running The Show)

Perjuangan Giuseppe Rossi Melawan Cedera

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : RAI Sports | Editor: Andi Wahyudi | 29 July 2018

uploads/news/2018/07/perjuangan-giuseppe-rossi-melawan-53201e64378f0e2.jpg

Perjuangan Giuseppe Rossi Melawan Cedera

giuseppe-rossi-rai-sports--4428845869d3e69
giuseppe-rossi-rai-sports--770875cbf90def5
SPORTKU.COM

Tercatat Giuseppe Rossi menghabiskan seperempat dari 14 tahun karir profesionalnya sebagai pesepak bola dengan menderita cedera.

Cedera merupakan momok menakutkan bagi atlet. Dampaknya bisa berakhir buruk lantaran karir sang atlet stagnan, menurun atau bahkan harus memutuskan untuk pensiun lebih cepat tak terkecuali pesepak bola yang juga rentan mendapatkan cedera.

Giuseppe Rossi adalah contoh bagaimana cedera telah menghancurkan karir indah sepak bolanya. Padahal, sedari muda, pemain asal Italia itu digadang-gadang akan menjadi pesepakbola fenomenal di zamannya. Namun suratan takdir membuat dirinya gagal menunjukan potensi terbaiknya.

Sebagai pesepak bola profesional. Karir Rossi sudah mentereng sejak muda. Penampilannya yang cemerlang di Primavera Parma membuat pelatih Manchester United, Alex Ferguson pun ngotot untuk merekrutnya dari Parma di usianya yang baru menginjak 17 tahun pada tahun 2004 silam.

Tak butuh waktu lama bagi Rossi untuk menjalani debutnya sebagai pesepak bola profesional. Setahun setelah direkrut. Ia berhasil tampil perdana di Liga Primer Inggris 15 oktober 2005 dengan turun sebagai pemain cadangan menggantikan Ruud van Nistelrooy.

Sayang, saat itu MU telah disesaki oleh penyerang nomor wahid. Hal ini membuat Rossi pun menjadi cadangan. Tiga musim bermain di Old Traford, ia hanya tampil sebanyak 14 kali dan mencetak empat gol.

Setelah sempat dipinjamkan ke Newcastle United dan AC Parma, Rossi akhirnya dilepas oleh MU ke Villarreal dengan biaya transfer 6 juta euro pada musim panas 2007 lalu. di musim pertamanya, pemain yang memiliki darah Amerika Serikat itu belum menunjukan performa terbaiknya kendati sukses mencetak 11 gol di La Liga.

Kemudian sepanjang tahun 2008 sampai 2010 Rossi selalu mampu mencetak dua digit gol setiap musimnya. Bahkan ia sempat tercatat sebagai top skor di Olimpiade tahun 2008 dengan delapan gol bersama Timnas Italia.

Namun baru di musim keempat, tepatnya pada musim 2010/2011. Rossi pun menunjukan puncak permainnya bersama Villarreal dengan mencetak 32 gol dari 56 pertandingan Villarreal. Ia sukses membawa klub tersebut meraih posisi keempat dan melaju sampai babak semifinal Liga Champions.

Saat karirnya tengah menanjak itu, Rossi ketiban sial di penghujung musim lantaran mendapatkan cedera ligamen pada kaki kirinya sehingga harus dioperasi dan harus absen selama enam bulan lamanya untuk bisa pulih.

Giuseppe Rossi (De Puntin)

giuseppe-rossi-rai-sports--4428845869d3e69.jpg

Di musim 2011/2012, Rossi memulai musim dari pertengahan kompetisi. Sempat menunjukan kepulihan dengan tampil sebagai pemain utama, ia lagi-lagi harus menjalani operasi akibat cedera yang sama. Kali ini, pemain bertingi badan 173 cm itu harus absen selama 10 bulan.

Baca juga
Perbedaan Motor MotoGP Setiap Pabrikan

Karir Rossi di Villarreal sejatinya tak buruk. Bahkan selama lima musim bermain di klub tersebut, ia mampu mencetak 82 gol atau menjadi pencetak gol terbanyak bagi klub tersebut melampaui catatan penyerang tajam Villarreal lainnya macam Diego Forlan.

Setelah sembuh dari cedera, Rossi direkrut oleh Fiorentina pada tahun 2013. Sempat menjadi andalan di klub tersebut. Namun sayang, di klub ini, ia harus menderita cedera sebanyak dua kali dan harus absen 402 hari.

Rossi sendiri sempat kembali ke Spanyol dengan membela Levante pada musim 2015/2016 dan Celta Vigo pada musim 2016/2017 dengan status pinjaman dari FIorentina. Namun penampilan dirinya tak begitu istimewa dengan hanya mengumpulkan 10 gol selama dua musim di comebacknya di ajang La Liga.

Bahkan saat di Vigo, Rossi kembali harus cedera yang membuat dirinya harus absen selama enam bulan. Alhasil di akhir musim, Fiorentina melepasnya dengan status bebas. Pada Desember 2017, ia menerima kontrak dari Genoa. Tampil sebanyak 9 pertandingan dan kini kembali tak memiliki klub.

Ingin Tetap Bermain

Giuseppe Rossi (Running The Show)
giuseppe-rossi-rai-sports--770875cbf90def5.jpg

Cedera yang menimpa Rossi sempat membuat frustasi. Ia yang tercatat telah tampil sebanyak 30 pertandingan bersama Timnas Italia gagal bermain bersama negara di ajang-ajang besar seperti Piala Eropa dan Piala Dunia.

Meski demikian, Rossi yang kini belum memiliki klub mengaku bahwa cedera tak membuat dirinya putus asa. Ia sendiri masih memiliki impian untuk bisa tampil bersama negaranya di turnamen besar internasional.

"Setiap cedera punya cerita masing-masing, itu membawa sesuatu pergi, seperti Piala Dunia, Piala Eropa, atau transfer besar. Tetapi, mimpi tidak berhenti, dan saya di sini hidup dalam mimpi yang selalu saya inginkan dan mencoba mendapatkan saat saya terpuruk," ujar Rossi seperti dikutip dari BBC.

"Saya berkorban terlalu banyak untuk melakukan itu. Saya sangat menyukai permainan ini, saya tidak pernah bisa meninggalkannya dan mengatakan itu dilakukan. Tidak ada yang bisa mengambil sepakbola dari saya, itu bayi kecil saya, cinta saya," sambungnya.

Kini Rossi tengah mencari klub baru. kebetulan klub lamanya, AC Parma baru saja promosi ke Serie A dan sedang mencari pemain baru. Bisa saja pemain kelahiran Teaneck, New Jersey, Amerika Serikat itu direkrut. Namun, nampaknya harus tertunda lantaran saat ini dirinya masih dalam tahap penyembuhan akibat cedera yang didapat ketika membela Genoa musim lalu.

Baca juga
One Motorsports Apresiasi Julian Johan

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : RAI Sports | Editor: Andi Wahyudi | 29 July 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company