Aksi Seruduk Valtteri Bottas di Grand Prix Hongaria 2018

Text : Harsya Fikmazi | Photo / Video : Formula 1 | Editor: Dedi Hermawan | 30 July 2018

SPORTKU.COM

Asa untuk meraih kesuksesan di GP Hongaria (29/7) harus pupus lantaran aksi 'seruduk' yang dilakukan oleh Bottas selama balapan berlangsung.

Mimpi Valtteri Bottas untuk menempati podium bersama Lewis Hamilton di Grand Prix Hongaria harus pupus di akhir balapan. Sebenarnya performa yang ia tunjukkan layak untuk menjadi teman podium Lewis, namun Valtteri Bottas seperti kehilangan konsentrasi saat balapan berlangsung. Pebalap asal Finalandia itu setidaknya dua kali menghantam pebalap lain. Sebastian Vettel dan Daniel Ricciardo menjadi korban dari aksi 'seruduk' Bottas di Hongaria kemarin.

Aksi seruduk yang pertama kali dilakukan Bottas tersebut terjadi di lap ke-65. Saat itu, Bottas dan Vettel tengah beradu ketat untuk memperebutkan posisi kedua. Vettel yang tengah semangat-semangatnya untuk menebus kesalahan di GP Jerman sepekan lalu, berhasil melampaui Bottas. Namun saat keluar tikungan, Vettel yang lebih dulu masuk, dihantam oleh Bottas di bagian belakang kiri. Akibatnya, front wing W09 milik Bottas mengalami kerusakan. Vettel tetap melaju.

Baca juga:
KEJURNAS IXOR 2018 PUTARAN PERTAMA

"(Kecelakaan) dengan Seb, dia memiliki kecepatan yang baik saat memasuki tikungan kedua, kami terlibat pertempuran di tikungan pertama. Front wing mobil saya masih berada di tikungan kedua, sedangkan dia (Vettel) sudah berada di luar. Dia datang dengan sangat cepat, tidak ada celah untuk menghindar. Saya satu-satunya yang mengalami kerusakan, ini insiden balap," ujar Bottas.

Tidak lama dari kejadian tersebut, pebalap yang pernah satu lintasan dengan Rio Haryanto di GP3 tersebut kembali melakukan kesalahan dengan 'menyundul' Daniel Ricciardo. Tepatnya di lap ke-68, bagian tengah mobil Ricciardo dihantam dengan keras oleh Bottas. Bukan hanya mengalami kerusakan, Daniel Ricciardo juga keluar dari lintasan. Alhasil, bagian sisi kanan RB13 milik Ricciardo rusak parah. Namun demikian, pebalap Australia tersebut kembali bangkit dan menuntaskan balapan hingga usai.

"Saya begitu rapat dengan dia di bagian dalam, setengah dari sayap depan saya juga hilang, ban saya juga terkunci. Saya yakin dia melihat bahwa saya cukup cepat ke tikungan, dan kami akhirnya mengalami itu," terang Bottas.

Setelah balapan selesai, Valtteri Bottas, akhirnya angkat bicara. Ia berdalih bahwa kejadian itu adalah salah satu usaha untuk terus membuat mobil tetap kompetitif. Pasalnya, dalam kondisi tersebu, Bottas mengaku ban belakangnya mengalami masalah. "Tapi kemudian performa ban belakang mulai menurun, saya mencoba untuk mempertahankan yang terbaik yang saya bisa dan seagresif mungkin, tapi akhirnya menjadi berantakan," pungkas Bottas.

Baca juga:
ALBON MENANG DI F2 HONGARIA

Text : Harsya Fikmazi | Photo / Video : Formula 1 | Editor: Dedi Hermawan | 30 July 2018

  • facebook share

RELATED NEWS

Denny Akui Sulitnya Meraih Podium

Denny Akui Sulitnya Meraih Podium

TOURING
Masalah Sensor Menghantui Denny Rommel

Masalah Sensor Menghantui Denny Rommel

TOURING
Perkara Karbu, Tjandra Gagal Podium

Perkara Karbu, Tjandra Gagal Podium

TOURING
13 Pegokart Indonesia Menuju Italia

13 Pegokart Indonesia Menuju Italia

GOKART

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company