image

Bursa Transfer Pebalap Kian Panas, Mereka yang Terancam Tinggalkan MotoGP

Text : Suhartono | Photo / Video : MotoGP | Editor: Andi Wahyudi | 30 July 2018

SPORTKU.COM

Bursa transfer pebalap MotoGP 2018 belum final. Beberapa pebalap terlihat masih belum jelas nasibnya.

Tim pabrik di ajang balap MotoGP banyak yang melakukan perubahan line up pebalap. Hanya satu tim pabrik yang masih akan menggunakan jasa pebalap lamanya, yaitu Yamaha. Di mana tim balap asal Jepang tersebut tetap mempercayakan YZR-M1 untuk digeber Valentino Rossi dan Maverick Vinales hingga MotoGP 2020 mendatang.

Rombakan struktur tim juga dilakukan oleh Ducati. Andrea Dovizioso masih bertahan di atas kontrak dengan Ducati dan akan berpasangan dengan Danilo Petrucci. Akan tetapi kontrak keduanya berbeda. Dovizioso hingga MotoGP 2020 sedangkan Petrucci hanya sampai MotoGP 2019.

Lain halnya bagi kubu Suzuki. Alex Rins yang saat ini menjadi pebalap termuda di grid MotoGP 2018 masih tetap dipertahankan. Suzuki merupakan salah satu tim yang berprinsip untuk menciptakan talent-talent muda. Joan Mir menjadi target Suzuki untuk geber GSX-RR bersama Rins hingga MotoGP 2020.

Hal paling mengejutkan datang dari kubu Honda yang tak memperpanjang kontrak Dani Pedrosa. Pedrosa mengaku ini adalah keputusan yang diambil bersama antara dirinya dengan Honda. Hingga akhirnya Pedrosa mengumumkan gantung helm. Pedrosa sendiri digantikan oleh Jorge Lorenzo yang musim ini masih terikat kontrak dengan Ducati.

Sedangkan tim pabrik lainnya dari KTM mendongkrak pebalap dari tim satelit Tech3 Johann Zarco untuk berpasangan dengan Pol Espargaro. Kedua pebalap tersebut menyetujui kontrak dengan tim pabrik asal Austria setidaknya hingga MotoGP 2020 mendatang.

Andrea Iannone yang sudah tak dipentingkan oleh Suzuki memilih untuk hengkang ke Aprilia. Tim asal Italia ini juga mempertahankan kontrak lamanya dengan Aleix Espargaro. Sama halnya dengan pebalap lainnya, Iannone maupun Espargaro akan membalap untuk Aprilia hingga MotoGP 2020.

Tim satelit Tech3 yang saat ini masih menggunakan motor balap Yamaha juga punya gebrakan baru. Tech3 yang berkantor pusat di Bormes Les Mimosas, Prancis itu membelot ke KTM dengan durasi kontrak dua musim sejak MotoGP 2019. Sebagai pebalapnya, Tech3 memboyong Hafizh Syahrin dan pebalap anyar Miguel Oliveira. Namun kontrak keduanya sementara ini hanya satu tahun di MotoGP 2019 saja.

Baca Juga
Perbedaan Motor MotoGP dari Setiap Pabrikan

Text : Suhartono | Photo / Video : MotoGP | Editor: Andi Wahyudi | 30 July 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company