image

Peru Tuan Rumah Rally Dakar 2019, Untung Hingga Triliunan Rupiah

Text : Suhartono | Photo / Video : Dakar | Editor: Andi Wahyudi | 31 July 2018

SPORTKU.COM

Penyelenggaraan Rally Dakar 2019 baru akan dimulai pada tanggal 6 hingga 17 Januari mendatang.

Rally Dakar 2019 akan menjadi edisi ke-41 tahun. Rally Dakar akan menjadikan Peru sebagai tuan rumah dari start hingga finish. Di mana rute akan didominasi oleh medan sulit di tengah gurun yang di Rally Dakar 2018 menjadi tantangan besar para peserta sejak stage 1 hingga akhir.

Diharapkan, para pereli dari Peru bisa bersinar di kandang sendiri dengan memanfaatkan bakat mereka untuk selesai di podium. Sebab, sebagai tuan rumah, pastinya mereka lebih mengenal kondisi lingkungan di sekitar gurun yang akan menjadi rute mereka.

Menteri Roger Valencia dalam konferensi persnya yang digelar di Kementerian Perdagangan Luar Negeri dan Pariwisata, menegaskan bahwa Rally Dakar 2019 akan menjadi salah satu acara menarik di Peru dan akan berkontribusi pada pengembangan ekonomi lokal serta memperkuat citra Peru di tingkat internasional.

Menurut penelitian yang dilakukan, Rally Dakar 2018 menghasilkan pendapatan (dari sektor pariwisata, pengeluaran yang dilakukan oleh Peru dan investasi) mencapai lebih dari USD130 juta atau sekitar Rp1,86 triliun. Lebih dari satu juta penonton mendatangi Peru selama acara Rally Dakar 2018 berlangsung.

Bukan hanya keuntungan dari sektor pariwisata yang menyumbang pendapatan Peru. Akan tetapi, Peru juga mendapat manfaat dari pemberitaan pada media internasional. Dampak publisitasnya diperkirakan mencapai USD300 juta atau setara dengan Rp4,31 triliun. Nilai promosi untuk Peru juga meningkat menjadi USD154 juta atau Rp2,21 triliun.

Baca Juga
Bursa Transfer Pebalap Kian Panas, Mereka yang Terancam Tinggalkan MotoGP

Sebagai langkah persiapan untuk menyambut musim balap 2019, Direktur Rally Dakar, Etienne Lavigne juga akan menggelar event Desafio Inca sebagai ajang untuk pemanasan jelas Rally Dakar 2019. Event yang akan dihelat di gurun Ica pada 14-16 September ini juga akan diikuti oleh beberapa pebalap Rally Dakar 2019.

Sadar bahwa mereka akan bersaing di depan publik sendiri, para pesaing asal Peru lebih antusias jika dibandingkan dengan musim sebelumnya. Mereka akan mengandalkan dukungan setia dari rekan-rekan mereka di setiap stage. Nicolas Fuchs dan Fernanda Kanno, yang harus mundur dari Rally Dakar 2018 karena masalah mekanis, akan memiliki kesempatan untuk membalas dendam dan mereka juga berniat untuk menyelesaikan setiap stage demi memperbaiki posisinya di klasemen akhir.

Ada juga Alexis Hernandez, Romulo Airaldi dan Lalo Burga yang di Rally Dakar 2018 mampu menyelesaikan setiap tantangan hingga akhir kompetisi. Mereka tentunya akan mencoba untuk menjadi lebih kompetitif dan memperbaiki hasil di klasemen akhir Rally Dakar 2019.

Selain itu, Peru juga masih akan menurunkan pereli baru Gianna Velarde. Dia akan menjadi wanita pertama dari Peru yang ikut berkompetisi di Rally Dakar 2019.

Baca Juga
Sialnya Dimas Ekky di CEV Moto2 Aragon 2018
Pendopo Street, Komunitas BMX Temanggung

Text : Suhartono | Photo / Video : Dakar | Editor: Andi Wahyudi | 31 July 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company