Timnas Skateboard Indonesia Turunkan Enam Atlet di Asian Games 2018

Text : Aga Buge Katiara | Photo / Video : Istimewa | Editor: Andi Wahyudi | 31 July 2018

SPORTKU.COM

Timnas Indonesia dipastikan hanya menurunkan enam atlet pada cabang olahraga skateboard di Asian Games 2018.

Di Asian Games 2018 kali ini, untuk pertama kalinya skateboard masuk ke dalam cabang olahraga yang akan dipertandingkan. PB Persatuan Olahraga Sepatu Roda Seluruh Indonesia (PERSEROSI) pun sudah menyiapkan enam atlet yang akan bertanding di Jakabaring Sport City Palembang.

Untuk nomor park putra, Indonesia menurunkan Sanggoe Dharma Tanjung dan Gregorius Aldwin Angka Widjaja. Sedangkan, nomor street, ada Pevi Permana dan Jason Dennis Lijnzaat.

Nama-nama di atas sudah cukup dikenal dalam olahraga skateboard tanah air. Pevi Permana adalah satu dari sekian banyak skateboarder Indonesia yang mendunia. 

Berbagai prestasi sudah diraih mulai dari tingkat nasional maupun Internasional, seperti juara Asia pada 2007, 2009, dan Yang fenomenal adalah saat dirinya masuk dalam 40 skateboarder terbaik di kejuaraan dunia skateboard di Amerika Serikat 2009 lalu. 

Sedangkan, Sanggoe Dharma merupakan peringkat ketiga pada ajang FISE World Malaysia 2014, peringkat enam dunia di X-Games Shanghai 2015, dan menjadi skateboarder pertama Indonesia yang bisa berlaga di Street League Barcelona 2017 lalu.

“Saya harap untuk putra, terutama Sanggoe bisa tampil baik dan meraih medali emas, meski ada Jepang sebagai rival terberat di sini,” jelas Pelatih kepala skateboard Indonesia, Jojaya Charles Kusuma. 

Sementara untuk kategori putri, Indonesia hanya menurunkan dua atlet, yaitu Nyimas Bunga Cinta dan Aliqqa Kayyisa. Cukup menarik tentunya karena Bunga Cinta masih berusia 12 tahun dan rencananya akan turun di dua nomor sekaligus.

“Untuk putri tidak ada target medali karena pertama kali ikut pertandingan. Bunga Cinta ini masih pemula, baru 12 tahun, tapi menjadi aset Indonesia karena bakatnya,” sambungnya. 

Nantinya, setiap nomor dari cabang olahraga skateboard akan memperebutkan dua medali emas. Sehingga, secara total ada empat medali emas Asian Games pada cabor ekstrim tersebut.

Penghitungan poin dari para atlet ini dimulai sejak babak kualifikasi hingga final yang berlangsung 28 sampai 29 Agustus 2018   Untuk nomor street, skater akan melalui sesi run dalam waktu 45 detik untuk beratraksi di semua rintangan. Dan poin yang didapat tiap skater bisa bertambah pada sesi best trick.

Baca Juga:
SM Wakili Indonesia ke Cina

Baca Juga:
Alasan Malcom Sebagai Pembelian Cerdas Barcelona

Text : Aga Buge Katiara | Photo / Video : Istimewa | Editor: Andi Wahyudi | 31 July 2018

  • facebook share

RELATED NEWS

Klarifikasi Kemenpora Terkait Bonus Pelatih

Klarifikasi Kemenpora Terkait Bonus Pelatih

ACTUAL
Medali Emas Mongolia Dicabut

Medali Emas Mongolia Dicabut

ACTUAL
Perbandingan Bonus di Asian Games

Perbandingan Bonus di Asian Games

ACTUAL
Daftar Negara Tidak Meraih Medali

Daftar Negara Tidak Meraih Medali

ACTUAL

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company