image

Ini Tanggal Penutupan Bursa Transfer Musim Panas 2018

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : Sportswallah | Editor: Dedi Hermawan | 31 July 2018

SPORTKU.COM

Inilah tenggat waktu penutupan bursa transfer pemain di musim panas tahun 2018 kali ini. Adakah perubahan?

Bursa transfer musim panas menjadi waktu yang tepat bagi klub-klub di Eropa untuk melakukan jual-beli pemain. Umumnya, hal ini dilakukan sebagai upaya klub untuk membuat mereka jauh lebih kuat dari pada musim lalu atau terkadang klub juga memanfaatkan jendela transfer musim panas untuk melego pemain mereka yang dirasa sudah tak memiliki kontribusi yang signifikan bagi klub.

Pada bursa transfer musim panas tahun 2018 kali ini, terjadi perubahan secara signifikan terkait tenggat waktu penutupan transaksi jual pemain. Perubahan terjadi pada dua liga yang termasuk dalam lima liga top Eropa.

Perubahan pertama dilakukan oleh Inggris. Pihak asosiasi sepak bola Inggris (FA) dan wakil Liga Primer sepakat bahwa mereka akan menutup proses kegiatan jual-beli pemain lebih awal dari musim sebelumnya, yakni 9 Agustus 2018 atau sehari sebelum kick-off pertandingan pertama liga dimulai.

Adanya perubahan keputusan terkait penutupan bursa transfer kali ini lantaran untuk menghindari situasi yang tak menyenangkan yang didapat oleh klub-klub kontestan Liga Primer Inggris yang kerap kehilangan pemain andalan mereka di menit-menit akhir jelang penutupan transfer.

Hal ini membuat banyak manajer klub kebingungan. Pasalnya, ia akan kesulitan dalam mengatur komposisi tim. Apalagi, liga sendiri sudah bergulir sudah sejak jauh hari atau sebelum penutupan jendela transfer.

Baca juga
Derby Indonesia-Malaysia di Melaka

Tak lama setalah Inggris melakukan perubahan kebijakan terkait penutupan bursa transfer, pihak lega Calcio sebagai operator kompetisi Serie A Italia pun mengumumkan bahwa mereka juga mengubah batas waktu transaksi jual beli pemain di musim ini. Jika sebelumnya batas akhir pada 31 Agustus, kini mereka memajukan dengan menutup bursa transfer pada 17 Agustus atau sehari sebelum kick-off liga dimulai.

Bila Inggris dan Italia kompak melakukan perubahan tenggat transfer, hal berbeda dilakukan oleh Jerman (Bundesliga), Prancis (Ligue 1) dan Spanyol (La Liga). Ketiga negara tersebut tetap mempertahankan tradisi mereka yang baru mengakhiri masa transfer pada 31 Agustus.

Namun, di tiap negara tersebut jam deadline berbeda. Di Jerman mereka akan menutup lebih awal, tepatnya pada pukul 18.00 waktu setempat. Sementara Prancis akan menutup pada tengah malam, tepatnya 23.59 waktu setempat.

Sementara di Spanyol aturannya lebih ringan, meski sudah ditutup pada 31 Agustus, namun pihak otoritas Liga membolehkan mereka untuk melengkapi registrasi pemain sampai 1 September pukul 23.59 waktu setempat.

Sementara di luar lima liga top Eropa, memiliki tenggat waktu yang berbeda-beda dan lebih panjang. Misalnya Liga Belanda yang baru akan tutup pada 2 September 2018 atau liga Rusia yang baru akan menuntaskan jual beli pemain pada 6 September 2018.

Adapun lantaran banyaknya perbedaan dalam penutupan bursa transfer membuat kebiasaan transfer di setiap negara di Eropa berbeda. Namun bila bursa transfer telah ditutup liga di sebuah negara kemungkinan besar hanya bisa menjual pemain dan kalo pun tetap melakukan kegiatan transfer, pemain baru akan datang pada pembukaan bursa transfer musim dingin

Baca juga
MU Butuh Satu Pemain Lagi

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : Sportswallah | Editor: Dedi Hermawan | 31 July 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company