image Anjasara Wahyu, Juara Nasional Slalom Kelas A 2017 Gymkhana Auto Show di Bandung

Semangat Kejurda yang Harus Dijaga

Text : Harsya Fikmazi | Photo / Video : Harsya Fikmazi | Editor: Andi Wahyudi | 1 August 2018

uploads/news/2018/08/semangat-kejurda-yang-harus-617095cf7532057.png

Semangat Kejurda Harus Dijaga

gymkhana-autoshow-bandung-2017-557932c5ef95772
gymkhana-autoshow-bandung-2017-8651679654f7d82
SPORTKU.COM

Di setiap gelaran gymkhana, terutama untuk yang berstatus Kejurda, selalu diramaikan dengan oleh starter yang melebihi 100 partisipan.

Melihat semangat yang terus tumbuh dalam setiap gelaran, tentu ini menjadi sebuah arti bahwa gymkhana senantiasa melahirkan peslalom baru, meskipun label kejuaraannya hanya bersifat Kejurda. Meski demikian, semangat peslalom pemula ini dianggap oleh Anjasara Wahyu sebagai indikator bahwa slalom atau gymkhana ini telah merasuk ke setiap elemen masyarakat, terkhusus komunitas slalom di daerah.

Bagi Anjas, semangat yang terus tumbuh ini bisa dijadikan sebagai barometer. Artinya, bibit baru yang ingin terjun di ajang slalom, semakin bertambah semakin banyaknya peslalom baru yang eksis. Sebagai informasi, saat putaran pertama yang berlangsung di Cirebon, tercatat setidaknya ada 200 starter. Sedangkan putaran kedua di Indramayu, tidak kurang dari 120 peslalom yang tergabung dari beberapa wilayah seperti Jogjakarta dan Semarang, ikut ambil bagian.

Baca juga:
ANJASARA KEWALAHAN DENGAN PEMULA

Bagi Anjas, sebagai peslalom yang pernah menyabet gelar Juara Nasional Kelas A 2017, ini mencerminkan hal baik untuk kemajuan slalom di Tanah Air. "Untuk Kejurda, ini okelah. Tidak terlalu sepi banget. Cirebon lebih ramai, karena sampai jam dua pagi. Kalau dari secara peserta, mungkin memang tidak sebanyak di Cirebon. Kalau untuk di Indramayu, yang tidak pernah ada event slalom, masih sangat baik ini menurut saya. Dulu pernah ada, tapi 2012 atau 2013 itu terakhir dan baru enam tahun kemudian ada lagi di sini," ujar Anjasara.

"Buat kejurda masih bagus. Kejurda itu penunjang Kejurnas, sehingga bisa menjadi wadah untuk peslalom yang tidak ikut di Kejurnas, tapi bisa hadir di Kejurda. Dan dari kacamata saya, setidaknya Kejurda ini harus ada separuh dari gelaran Kejurnas. Anggaplah Kejurnas itu tujuh seri, Kejurda ini bisa dibikin paling tidak tiga seri. Untuk tetap menjaga semangat peslalom daerah yang belum bisa tampil di Kejurnas," beber Anjasara.

Hal lain yang juga berfaedah bagi peslalom nasional dengan adanya Kejurda ini adalah, sebagai arena latihan menuju gelaran Kejurnas yang penuh dengan pertarungan waktu sengit.

"Ya untuk mengasah skill juga bisa di sini. Terlebih untuk pemula, ini bisa sebagai arena untuk try out mereka sebelum mentas di Kejurnas. Bahkan, pemula yang saya mentori itu, bisa langsung menjadi juara, artinya kan Kejurda berjalan dengan baik untuk menjadi wadah mereka," imbuhnya.

Baca juga:
SPEED OFFROAD DAN WISATA LOKAL

Dari beberapa wilayah provinsi Ikatan Motor Indonesia (IMI), memang Jawa Barat menjadi salah satu yang paling aktif dalam menggelar Kejurda Gymkhana. Satu hal yang menjadi penunjang adalah adanya tempat yang bisa digunakan untuk arena slalom. Tidak sedikit komunitas slalom di Jawa Barat, salah satunya adalah Garut Ngesot, dan Bogor Slalom Community.

Namun untuk wilayah pengprov lainnya di Jawa, seperti Jawa Timur dan Jawa Tengah, memang tidak serajin IMI Jabar. Namun, menurut putera Petrus Aviantoro ini, komunitas slalom Jawa Timur pun rutin menggelar kegiatan serupa, meskipun hanya sebatas latihan bersama.

Oleh karenanya, dengan banyaknya semangat peslalom daerah yang giat dengan gymkhana, mungkin IMI Pengprov lain bisa lebih menggiatkan kegiatan semacam ini. Toh, ujung-ujungnya adalah untuk menciptakan bibit baru di ajang gymkhana. Selain itu juga untuk menyongsong PON Slalom yang akan digelar di Papua Barat pada 2020 mendatang.

Text : Harsya Fikmazi | Photo / Video : Harsya Fikmazi | Editor: Andi Wahyudi | 1 August 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company