image

Produk Baru Honda Dibuat Khusus untuk Indonesia

Text : Harsya Fikmazi | Photo / Video : Muhamad Dahroji | 2 August 2018

SPORTKU.COM

Peluncuran All New Honda Brio di GIIAS boleh jadi membuat publik Indonesia bangga. Pasalnya, ini merupakan yang pertama di dunia.

Dalam kata sambutan yang diberikan oleh Takehiro Watanabe, Presiden Director PT Honda Prospect Motor, All New Honda Brio yang diluncurkan di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) dibuat secara khusus untuk Indonesia. Menanggai hal tersebut, Jonfis Fandy, Marketing and After Sales Service Director PT Honda Prospect Motor, angkat bicara.

Jonfis pun menjabarkan alasan mendasar atas pernyataan tersebut. Salah satunya adalah, Jonfis menjabarkan bahwa kondisi Indonesia dan Thailand yang tidak jauh berbeda, baik dari segi medan serta keinginan konsumennya.

"Ya jadi dulu kan visi pemerintah adalah membuat mobil untuk negara kita. Di mana mobil ini harus bisa mengakomidir pemilik pertama, karena banyak sekali yang ingin punya mobil di luar kota-kota besar dengan syarat murah, sehingga lahir lah LCGC. Awalnya kita mengadopsi mobil dari Thailand, dengan spesifikasi mobil yang irit bahan bakar dengan kapasitas yang cukup besar di Thailand. Sejalan dengan itu kita pun melakukan survey, dan hasilnya cukup baik," jelas Jonfis.

Baca juga:
MODEL BARU TATA PRIMA

Untuk mendapatkan selera yang pas, pihaknya pun turut memboyong pengembangan Brio di Thailand ke Indonesia. Hal ini pun menjadikan Indonesia sebagai mother development untuk model Brio. "Tapi untuk melanjutkan visi tersebut, kami membawa pengembangan dari Brio tersebut ke indonesia. Indonesia adalah mother development dari Thailand. Kami membawanya ke Indonesia dengan melakukan berbagai survey di banyak tempat di Indonesia. Visinya adalah harus memililki kesamaan dengan apa yang diinginkan oleh orang indonesia. Dan memang banyak sekali faktor-faktor yang diinginkan," tambah Jonfis.

Sementara itu, berbicara penyesuaian untuk pasar Indonesia. Generasi terbaru mobil yang juga bisa digunakan balap ini mengalami perubahan dimensi. Berdasarkan keterangan Jonfis, ada beberapa perubahan di mobil barunya tersebut. "Intinya adalah mobil ini menjadi lebih panjang, sekitar 6 centimeter dan terlihat lebih besar. Dalamnya luas, bagasi yang tadinya dua koper kini menjadi lebih luas karena bisa menampung dua stroller," imbuhnya.

Sedangkan untuk bobot, mobil yang eksis dalam gelaran Honda Brio Speed Challenge ini turut mengalami penambahan bobot. "Bobot mobil ini menjadi lebih berat dengan mesin sama, cuma jarang diketahui kenapa bisa hemat mobil ini. Ini karena mesin tersebut memiliki teknologi terbaru. Mesin ini dia satu valvenya, tertutup, ketika idle dan ketika stop, jadi hanya satu valve sehingga bisa lebih irit," pungkasnya.

Baca juga:
YOYOK CEMPE IKUTI TIME RALLY

Text : Harsya Fikmazi | Photo / Video : Muhamad Dahroji | 2 August 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company