image

Rahasia Persib Juara Paruh Musim Liga 1 2018

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : Sportku | Editor: Andi Wahyudi | 3 August 2018

SPORTKU.COM

Inilah faktor-faktor yang membuat Persib mampu keluar sebagai juara paruh musim di Liga 1 musim ini.

Kemenangan Persib atas PS TIRA dengan skor 3-2 pada Senin, 30 Juli 2018 lalu menjadikan tim asal Jawa Barat itu keluar sebagai juara paruh musim Liga 1 musim 2018.

Kesuksesan tim asuhan Mario Gomez sebagai kampiun di putaran pertama bisa dibilang luar biasa. Dari 18 laga yang telah mereka jalani, Febri haryadi dkk berhasil memenangkan sembilan laga, lima imbang, dan hanya menelan empat kekalahan.

Selain itu, menurut statisik, Persib berhasil menjadi tim jago tandang di liga 1 musim ini. Tarcatat mereka telah tampil 10 laga tandang di mana tim berjuluk Maung Bandung itu mampu mengoleksi 13 dari 32 poin yang dikumpulkan sejauh ini.

Kesuksesan Persib tentu menjadi sebuah kejutan, maklum di awal musim, tim berjuluk Maung Bandung itu kurang meyakinkan. Sebagai contoh, di ajang Piala Presiden 2018 lalu mereka yang pernah memenangkan turnamen ini justru tersingkir lebih cepat.

Berstatus tuan rumah fase babak grup, Persib gagal lolos lantaran dari tiga laga yang dijalani, mereka meraih sekali kemenangan dan menelan dua kekalahan. Tak hanya itu, Persib juga hanya mampu mencetak satu gol.

Tak heran bila, Mario Gomez yang baru ditunjuk sebagai pelatih baru pun diminta angkat kaki dari bumi parahyangan.

Mario Gomez dianggap tak becus lantaran mendatangkan pemain tua macam Victor Igbonefo (32 tahun), Eka Ramdani (33), Airlangga Sucipta (32), dan In-Kyun Oh (32) yang dianggap Bobotoh—julukan penggemar Persib—sudah habis.

Selain itu, Mario Gomez juga berani mempertahankan Ezechiel Ndouasel, penyerang asal Chad yang tampil buruk di pertengahan musim lalu dengan mengusir Michael Essien.

Di sisi lain, Mario Gomez juga berjudi dengan mendatangkan darah muda macam Muchlis Hadi dan Ghozali Siregar serta duo asing Jonathan Bauman dan Bojan Malisic yang baru menjalani musim perdana di Liga Indonesia.

Baca juga
Honda Forza Gemparkan GIIAS 2018

Di tiga laga awal, Persib pun tampil di bawah standar. Imbang melawan tim gurem macam PS TIRA dengan skor 1-1, lalu kalah dari Sriwijaya 1-3 dan baru meraih kemengan di laga ketiga ketika menghadapi Mitra Kukar dengan skor 2-0.

Usai mengalahkan Mitra Kukar pun posisi Persib masih berada di peringkat ke-15 di klasemen. Tak heran bila Mario Gomez dihujani kritik.

Namun, pelatih yang sukses mengawinkan gelar Liga Super Malaysia dan Piala AFC bagi Johor Darul Ta'zim (JDT) itu berhasil menemukan skema yang pas bagi Persib dengan bermain dengan mengubah formasi dari 4-2-3-1 di musim lalu menjadi formasi 4-4-2 klasik .

Formasi tersebut terbukti ampuh. Saat ini Persib menjelma sebagai tim tertajam nomor dua di liga dengan mencetak 29 gol di mana 20 di antaranya dihasilkan dari duet Ezechiel Ndouasel dengan Jonathan Baumann.

Khusus bagi Ndouasel. Ia mampu mengoleksi 13 gol dari 14 pertandingan. Jumlah itu meningkat cukup signifikan ketimbang di musim lalu di mana dirinya hanya mencetak empat gol dari 14 pertandingan.

Tak hanya itu, Ghozali Siregar yang baru didatangkan mampu menjelma sebagai sayap kiri yang luar biasa dengan mencetak dua gol dan enam assist dari 17 pertandingan sejauh ini,

Mario Gomez juga berani memainkan pemain muda milik Persib. Sosok Indra Mustafa yang lahir dari diklat Persib mampu mendapatkan waktu bermain yang cukup banyak meski posisinya sebagai bek cukup sentral bagi tim.

Namun, sosok yang paling berjasa di lini belakang Persib adalah Bojan Malisic. Pemain asal Serbia itu mampu menjadikan Persib sebagai tim paling jarang kebobolan dengan hanya kemasukan 18 gol sejauh ini.

Bila konsistensi yang ditunjukan Persib tetap berlanjut, bukan tidak mungkin mereka kembali merebut gelar juara seperti tahun 2014 silam.

Baca juga
Kebakaran, Venue Asian Games Aman

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : Sportku | Editor: Andi Wahyudi | 3 August 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company