image Timnas Kabaddi Indonesia Kabaddi salah satu olahraga tertua di dunia

Kabaddi, Cabor Unik di Asian Games 2018

Text : Aga Buge Katiara | Photo / Video : Istimewa | Editor: Dedi Hermawan | 4 August 2018

uploads/news/2018/08/apa-sih-olahraga-kabaddi--64493e8bc44bf12.jpg

Apa Sih Olahraga Kabaddi?

kabaddi-75411aade87238e
kabaddi-53637b999f59cf5
SPORTKU.COM

Kabaddi, olahraga asal India yang akan dipertandingkan di Asian Games 2018, seperti apa sih kabaddi?

Asian Games 2018 memang banyak dihiasi cabor yang cukup asing di telingan masyarakat Indonesia, salah satunya kabaddi. Namun, siapa sangka olahraga ini sebenarnya sudah cukup lama beredar, kurang lebih sekitar 4.000 tahun silam di India.

Kabaddi sendiri adalah permainan nasional Bangladesh dan menjadi salah satu olahraga nasional di Nepal. Jika di Indonesia, Anda tentu mengenal permainan galasin, ya hampir seperti itulah kabaddi dimainkan.

Di level Asia, kabaddi sebenarnya sudah dipertandingkan pada Asian Games 1990 di Beijing, Cina. Di level internasional, olahraga kabaddi dimainkan di lapangan berukuran 10 x 13 meter (untuk pria) dan untuk wanita 8 x 12 meter yang dibelah dua oleh satu garis.

Ada dua tim yang akan menempati tiap bagian lapangan, di mana satu tim beranggotakan tujuh orang, dengan tiga orang sebagai cadangan. Kabaddi dimainkan selama 20 menit dalam dua babak, dan waktu istirahat lima menit di antar babak.

Baca Juga:
Dovizioso Pole Position MotoGP Brno

Cara bermainnya, setiap tim akan bergantian mengirim satu pemain ke area musuh. Satu pemain yang menyerang disebut sebagai raider. Peran seorang raider adalah menyentuh satu pemain lawan atau lebih untuk mendapat angka, karena jika tertangkap maka poin didapat tim yang bertahan. Setelah itu, sang raider harus kembali secepatnya ke area timnya sendiri, namun sebelumnya ia harus menahan nafas sembari mengucap kata kabaddi sebanyak tiga kali. Tentu saja hal ini sangat unik bukan. 

Di sisi lain, tim yang bertahan harus menahan raider lawan dengan teknik gulat kemudian menjatuhkannya ke lantai. Tapi, ada risiko yang harus diambil bagi tim yang bertahan karena satu pemain akan gugur jika menyentuh raider.

Di India, kabaddi saat ini memiliki liga profesional sendiri. Ada delapan tim berbentuh waralaba yang tersebar di seluruh India. Di awal musim, Liga Pro Kabaddi ini bahkan memiliki bursa transfer pemain, layaknya sepak bola.

Saat ini, meski belum setenar olahraga lain, kabaddi sebenarnya kian mendunia. Apalagi 2013 lalu, Piala Internasional Kabaddi diselenggarakan di Inggris.

"Ini adalah olahraga penuh aksi. Sangat intens. Kabaddi adalah olahrafa yang sudah ada di Britania Raya sejak 1970an, saat imigran India datang ke sini," jelas Surinder Singh, sekretaris umum dari Federasi Kabaddi Inggris.

Dan untuk Asian Games 2018 ini, jelas India menjadi salah satu tim favorit, apalagi sejak dipertandingkan 1990 silam, India sudah meraih tujuh medali emas. Dan untuk venue kabaddi akan dimainkan di Theater Garuda, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) pada 19-24 Agustus 2018.

Baca Juga:
Kejutan Garuda Bandung di 3x3

Baca Juga:
Yuk Kenali Olahraga Bridge

Text : Aga Buge Katiara | Photo / Video : Istimewa | Editor: Dedi Hermawan | 4 August 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company