image

3000 Atlet Difabel Di Asian Para Games 2018

Text : Ria Afriliani | Photo / Video : Pariyono | Editor: Andi Wahyudi | 8 August 2018

SPORTKU.COM

Tercatat lebih dari 3.000 atlet akan berpartisipasi di ajang pesta olahraga Asian Para Games 2018.

Panitia penyelenggara Asian Para Games 2018, Inapgoc, telah melakukan persiapan yang maksimal jelang berlangsungnya pesta olahraga untuk atlet Asia dengan disabilitas, mulai dari regulasi games, sumber daya manusia, prasarana dan sarana, akses, transportasi, katering, serta yang paling penting adalah penginapan yang ramah bagi para atlet difabel.

Belum lama ini, Inapgoc telah melakukan rapat koordinasi terakhir bersama Asian Paralympic Committee (APC) guna memastikan komunikasi dan koordinasi di antara kedua institusi tidak akan berhenti untuk memastikan pesta olahraga penyandang disabilitas terbesar kedua di dunia ini akan berjalan dengan standar tertinggi.

Tarek Souei selaku CEO APC mengungkapkan bahwa gelaran Asian Para Games 2018 akan mencatat banyak rekor. "Hingga saat ini sudah tercatat lebih dari 3.000 atlet dan sekitar 1.800 ofisial akan terlibat dalam Asian Para Games 2018, yang merupakan jumlah tertinggi yang pernah ada dalam sejarah Asian Para Games," ujarnya.

Baca Juga :
Test Event Asian Para Games 2018 Resmi Digelar

Dengan jumlah atlet dan juga sebagai ajang kualifikasi Tokyo 2020, Tarek memprediksi akan terjadi banyak pemecahan rekor selama Asian Para Games 2018. Selain itu, APC juga berharap 43 negara anggota bisa ambil bagian dalam gelaran ini.

Dengan banyaknya atlet yang ambil bagian, klasifikasi akan menjadi tantangan untuk Inapgoc dan juga APC. Klasifikasi menjadi bagian penting dalam olahraga penyandang disabilitas karena seluruh atlet harus menjalani klasifikasi sebelum berkompetisi.

"Di Jakarta akan ada 1.265 atlet yang harus menjalani klasifikasi sebelum kompetisi. Jumlah itu belum pernah terjadi sebelumnya. Dan akan ada 88 international classifier. Ini tidak mudah karena semua harus dilakukan sebelum pembukaan," tambah Tarek.

Saat ini, Inapgoc dan APC sedang berdiskusi untuk menambah hari klasifikasi. Mereka akan berusaha mencari solusi dan bersikap fleksibel untuk mencari hasil terbaik.

"Kami berdiskusi dengan APC agar mereka bisa membantu classifier dari Indonesia bisa terlibat sebagai pengamat. Tarek akan membantu berkomunikasi dengan federasi internasional," kata Ketua Inapgoc, Raja Sapta Oktohari dalam keterangan resminya.

Baca Juga :
Asian Para Games 2018 Akan Jadi Acuan Paralympic Tokyo 2020

Text : Ria Afriliani | Photo / Video : Pariyono | Editor: Andi Wahyudi | 8 August 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company