image

Pebalap Team Sky Gianni Moscon Dihukum UCI

Text : Adi Supriyatna | Editor: Andi Wahyudi | Media Source: Cyclingweekly | 9 August 2018

SPORTKU.COM

Pebalap Team Sky Gianni Moscon telah dijatuhi hukuman skorsing selama lima minggu dari Komisi Disiplin UCI.

Hal itu terkait dengan insiden kekerasan di Tour de France lalu. Moscon terlihat memukul pebalap Prancis Elie Gesbert (Fortuneo-Samsic) pada awal etape 15. Pebalap asal Italia itu finish di etape tersebut. Tapi ia kemudian didiskualifikasi oleh komisaris lomba.

Moscon kemudian merilis video permintaan maaf dan telah menerima hukuman dari UCI tersebut. Rider berusia 24 tahun itu akan memulai hukumannya sejak 8 Agustus dan berakhir pada 12 September mendatang.

Dengan demikian, dia tetap bisa mengikuti seleksi untuk Kejuaraan Dunia, nomor Team Time Trial, yang berlangsung pada 23 September dan balapan lain di akhir pekan berikutnya.

"Saya menerima penangguhan yang diberikan oleh UCI kepada saya," kata Moscon dalam sebuah pernyataan.

“Saya bereaksi dalam panasnya momen dan tidak pernah ada niat saya untuk memukul pebalap lain. Karena rekaman itu menunjukkan saya tidak melakukan kontak, tapi saya menyesali tindakan saya dan saya sudah meminta maaf kepada Elie Gesbert dan Team Fortuneo Samsic atas insiden tersebut,” tambahnya.

Bos Team Sky Dave Brailsford pada saat itu mengatakan bahwa insiden itu terjadi "di salah satu balapan paling menantang yang pernah dihadapi tim”. Brailsford sendiri telah meminta maaf.

"Kami menerima keputusan UCI untuk menunda Gianni selama lima minggu. Kejadian ini jelas terjadi dalam salah satu balapan paling menantang yang pernah dihadapi oleh tim. Kami yakin, Gianni benar-benar menyesali tindakannya dan telah belajar dari peristiwa tersebut,” jelas Brailsford.

Sebelumnya, Moscon juga pernah terlibat dalam sejumlah insiden negatif dalam karirnya yang relatif baru. Dia diskors selama enam minggu karena membuat pernyataan rasis terhadap pebalap Kevin Reza di Tour de Romandie 2017.

Pada tahun yang sama, Moscon juga didiskualifikasi dari Kejuaraan Dunia Jalan Raya setelah adanya rekaman video yang menunjukkan bahwa dia memegang mobil tim untuk “menangkap” peloton kembali.

Baca juga:
SAM HILL DAN CECILE RAVANEL UNGGULAN JUARA EWS SERI 6

Baca juga:
TIM U-14 INDONESIA SIAP HARUMKAN INDONESIA DI GOTHIA CUP 2018

 

Text : Adi Supriyatna | Editor: Andi Wahyudi | Media Source : Cyclingweekly | 9 August 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company