image Juan Roman Riquelme Marc Overmars Keirrison Alexander Hleb Douglas Pereira Dmytro Chygrynskiy

Deretan Transfer Terburuk Barcelona

Text : Aga Buge Katiara | Photo / Video : Istimewa | Editor: Andi Wahyudi | 9 August 2018

uploads/news/2018/08/deretan-transfer-terburuk-barcelona-557607c582eccf7.jpg

Deretan Transfer Terburuk Barcelona

pembelian-terburuk-barcelona-157084e50f8f22a
pembelian-terburuk-barcelona-6308209c0088a71
pembelian-terburuk-barcelona-57762d310b2cc31
pembelian-terburuk-barcelona-393972f79aec78a
pembelian-terburuk-barcelona-7460267ecd41b26
pembelian-terburuk-barcelona-94084e9162becd5
SPORTKU.COM

Transfer pemain yang dilakukan sebuah klub memang bisa sukses dan tidak, seperti yang terjadi pada raksasa Spanyol, Barcelona.

Barcelona dikenal punya akademi terbaik bernama La Masia, namun dalam beberapa tahun terakhir La Masia seolah hilang karena tim Catalan sangat rajin mendatangkan pemain dari luar. Tidak hanya itu, pemain yang direkrut Barcelona akhir-akhir ini bisa disebut sangat mahal.

Sebut saja nama Zlatan Ibrahimovic, Neymar, Ousmane Dembele, dan terakhir Philippe Coutinho. Nama itu ditebus Barcelona dari klub asalnya dengan nilai yang besar.

Namun, tahukah Anda dari transfer pemain yang pernah dilakukan Barcelona, banyak pula yang gagal atau tidak bisa memenuhi ekspektasi awal. Sehingga hal itu menjadi sia-sia belaka.

Siapa saja pembelian terburuk Barcelona? Berikut kami akan hadirkan ulasannya.

Dmytro Chygrynskiy

Yang pertama ada pemain Ukraina Dmytro Chygrynskiy, dibeli dari Shakhtar Donetsk di musim panas 2009, Chygrynskiy menjadi salah satu transfer konyol Blaugrana kala itu. Namun ia hanya 14 kali tampil dan semusim merumput di Camp Nou, sebelum pada akhirnya dikembalikan ke klub lamanya pada musim panas 2010.

Dana sebesar 25 juta euro yang dikeluarkan Barcelona untuk memboyongnya terasa sia-sia karena level permainannya gagal memenuhi standar klub. 

Juan Roman Riquelme

Siapa yang menyangsikan bahwa Juan Roman Riquelme adalah playmaker terbaik yang dimiliki Argentina. Kemampuannya mengatur tempo permainan membuatnya disebut sebagai salah satu gelandang terbaik dunia.

Namun, keputusan Barcelona merekrutnya pada 2003 silam dinilai tidak tepat. Riquelme seolah menjalani mimpi buruk bersama Barca karena ia hanya tampil 42 kali dan membuat enam gol, sebelum dilepas ke Villarreal satu tahun kemudian.

Marc Overmars

Kemudian ada pemain asal Belanda, Marc Overmars. Sangat ironis karena Overmars didatangkan dengan biaya sangat mahal kala itu mencapai 40 juta euro dari Arsenal. Badai cedera yang terus menghantui pun membuat karier Overmars bersama Barcelona hancur.

Uang sangat besar yang sudah dikeluarkan Barcelona akhirnya terbuang percuma karena Overmars hanya tampil dalam 97 laga selama empat musim. 

Baca Juga:
Riwayat Buruk Rossi di Austria

Alexander Hleb

Berikutnya adalah Alexander Hleb. Pemain asal Belarusia tersebut didatangkan dari Barcelona saat Pep Guardiola datang memimpin di bursa transfer 2008. 

Memang dirinya sukses meraih tiga gelar di akhir musim, tapi ia gagal menembus dominasi Xavi Hernandez dan Andres Iniesta sehingga lebih banyak menghabiskan satu musim di bangku cadangan saja. Parahnya, tim Catalan memutuskan untuk meminjamkan Hleb selama tiga musim hingga sisa kontraknya berakhir.

Keirrison

Yang satu ini lebih memalukan. Ya, dikatakan memalukan karena sejak ditransfer Barcelona seharga 14 juta euro di tahun 2009, Keirrison tak pernah bermain semenit pun bersama tim utama Barcelona. 

Lima tahun kontraknya bersama Barcelona dihabiskan dengan status pinjaman ke lima klub berbeda, yakni Benfica, Fiorentina, Santos, Cruzeiro, dan Coritiba. 

Douglas Pereira

Satu lagi pemain asal Brasil yang gagal di Barcelona, Douglas Pereira. Pemain berposisi bek kanan ini punya karier yang menyedihkan bersama Barcelona. Transfer Douglas ke Barca memang sangat aneh karena saat itu klub masih memiliki Dani Alves serta Martin Montoya. 

Alhasil, ia jarang mendapat kesempatan bersama karena lebih banyak dipinjamkan. Tercatat, ia hanya delapan kali bermain untuk Barcelona dalam periode 2014 sampai musim panas 2018.

Zlatan Ibrahimovic

Nama yang satu ini tentu saja tidak asing di telinga pecinta sepak bola. Menjadi mesin gol bersama Inter Milan, kemudian Barcelona tertarik memboyongnya pada 2009 lalu. Namun, perselisihan yang terjadi antara Ibra dan Pep Guardiola membuatnya dipinggirkan dari skuat.

Dan striker bertinggi badan 195 cm itu hanya bertahan satu musim saja dengan catatan 46 laga dan sumbangan 22 gol. 

Baca Juga:
Akankah Garuda Terbang Tinggi di Asian Games 2018?

Baca Juga:
Atlet Indonesia Yang Menjadi Politisi

Text : Aga Buge Katiara | Photo / Video : Istimewa | Editor: Andi Wahyudi | 9 August 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company