Sambo, Seni Bela Diri Khas Rusia di Asian Games 2018

Text : Aga Buge Katiara | Photo / Video : Istimewa | Editor: Andi Wahyudi | 10 August 2018

Sambo, Bela Diri Khas Rusia

SPORTKU.COM

Perhelatan Asian Games 2018 banyak diisi Cabang Olahraga (Cabor) berbasis bela diri, seperti Sambo.

Sambo merupakan olahraga atau seni bela diri yang berasal dari Rusia. Perlu diketahui bahwa Sambo merupakan singkatan dari Samozashchita Bez Oruzhia yang artinya pertahanan diri tanpa senjata. Seni bela diri ini pun digunakan oleh militer Rusia. 

Secara permainan, sambo sebenarnya menggabungkan gulat dan judo dengan memfokuskan pada kemampuan kontrol dan kuncian kaki. Sambo melatih seseorang untuk mengakhiri perkelahian dengan cepat, contohnya melakukan gerakan cepat untuk mengambil lawan ke tanah dan menerapkan serangan berupa kuncian.

Sejarah Sambo 

Sambo sendiri di negara asalnya dipopulerkan oleh pelatih karate dan judo tentara elit Rusia, Vasily Oshchepkov sekitar tahun 1920-an. Kemudian Vasily yang pernah mengenyam pendidikan di Jepang sukses menjuarai berbagai turnamen judo di negeri samurai membawa olahraga tersebut ke negara asalnya.

Baca Juga:
Coutinho Pakai Nomor Keramat Barcelona

Sampai pada akhirnya terbentuklah sambo, hingga pada tahun 1981 Komite Olimpiade Internasional datang untuk mengakui sambo sebagai olahraga olimpiade, meski baru kali ini olahraga ini dipertandingkan di ajang sekelas Asian Games. Selain itu, sambo ternyata memiliki lima jenis berbeda, yaitu combat sambo yang digunakan untuk militer.

Berikutnya ada freestyle sambo yang menggunakan teknik mencekik. Selanjutnya ada bela diri sambo, sambo khusus, dan olahraga sambo. Dalam olahraga sambo, aturan sangat mirip dengan judo, hanya saja di sini mengizinkan semua jenis kuncian.

Perkembangan di Indonesia

Sambo sudah masuk ke Indonesia sejak tahun 2007 silam. Saat itu pelopornya adalah Ir. Aji Kusmantri dari Pengurus Besar Persatuan Judo Seluruh Indonesia (PB PJSI). Dan sekarang sambo sudah memiliki induk organisasi resmi yaitu Pengurus Besar Persatuan Sambo Indonesia (PB PERSAMBI). 

Untuk masalah prestasi, Indonesia tentu tak bisa dipandang sebelah mata karena punya Vincent Majid yang meraih medali emas di nomor combat sambo kelas +100 kg pada kejuaraan dunia di Korea Selatan 2016 lalu. Kemudian ada pula Marx Xaverius yang mendapat medali perunggu di kelas sports sambo -62 kg.

Untuk itu, di Asian Games 2018 nanti PB PERSAMBI menargetkan bisa merebut medali emas dari cabor ini. Nanti sambo akan memainkan empat nomor yakni 62 kg putra, 74 kg putra, 56 kg putri, dan 64 kg putri. Indonesia akan menurunkan total delapan atlet di Asian Games dengan masing-masing di semua nomor tersebut.

Baca Juga:
Skuat Timnas Indonesia U-23 di Asian Games 2018

Baca Juga:
Deretan Transfer Terburuk Barcelona

Text : Aga Buge Katiara | Photo / Video : Istimewa | Editor: Andi Wahyudi | 10 August 2018

  • facebook share

RELATED NEWS

Klarifikasi Kemenpora Terkait Bonus Pelatih

Klarifikasi Kemenpora Terkait Bonus Pelatih

ACTUAL
Medali Emas Mongolia Dicabut

Medali Emas Mongolia Dicabut

ACTUAL
Perbandingan Bonus di Asian Games

Perbandingan Bonus di Asian Games

ACTUAL
Daftar Negara Tidak Meraih Medali

Daftar Negara Tidak Meraih Medali

ACTUAL

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company