image

Sepang 8 Hours Gantikan F1 di Malaysia

Text : Suhartono | Photo / Video : FIM EWC | 12 August 2018

SPORTKU.COM

Sepang International Circuit (SIC) masuk dalam kalender balap ketahanan dunia 8 jam.

Setelah sebelumnya hanya digelar di Sirkuit Suzuka, Jepang dalam agenda Suzuka 8 Hours, maka Sirkuit Sepang juga akan menggelar balapan yang sama dengan tajuk Sepang 8 Hours. Sepang 8 Hours akan menjadi bagian dari agenda bergengsi FIM Endurance World Championship.

Pada musim 2019-2020 mendatang, Eurosport selaku penyelenggara event mengagendakan Sirkuit Sepang, Malaysia untuk menjadi tuan rumah balapan ketahanan 8 jam. Sirkuit Sepang akan menjadi lokasi kedua di Asia untuk balapan tersebut setelah sebelumnya hanya dilaksanakan di Sirkuit Suzuka.

Perlombaan akan memiliki format yang sama seperti Suzuka 8 Hours. Dengan Superpole Top10 Trial dan balapan akan selesai di malam hari. Sepang 8 Hours juga akan menjadi babak kualifikasi untuk semua tim di Asia Tenggara dan Jepang yang ingin ambil bagian dalam Suzuka 8 Hours. Hanya tim terbaik di Asia yang bisa lolos ke Suzuka 8 Hours dan bertanding dengan para pebalap dunia dari MotoGP dan World Superbike (WSBK).

Baca Juga
Satu Dekade YVCI Gorontalo

"Berdasarkan survei publik yang dilakukan SIC selama 3 bulan tahun lalu, kami senang bahwa seri balapan ini  terpilih sebagai acara yang ingin dilihat masyakarat Malaysia di Sirkuit Sepang sebagai pengganti Formula One. Kami juga senang bahwa putaran Sepang akan menjadi babak kualifikasi bagi tim Jepang dan Asia untuk masuk grand final dan berpartisipasi dalam Suzuka 8 Hours yang ikonik," ungkap Razlan Razali, CEO SIC.

"Minat untuk event sepeda motor telah tumbuh di Malaysia selama 8 tahun terakhir dan kami sangat antusias untuk acara ini berlangsung pada bulan Desember 2019, setelah semua acara besar selesai dan kami berharap dapat menarik pebalap-pebalap top untuk balapan di Sepang 8 Hours," sambung Razlan Razali.

"Untuk musim 2019-2020, acara baru di Asia akan berlangsung di Sepang. Kami sangat senang bahwa kerjasama yang cerdas antara FIM, Eurosport, Sirkuit Suzuka dan Sepang yang terkenal memungkinkan kami untuk mempertimbangkan balapan 8 jam di Malaysia. Format kualifikasi serta pemilihan lomba semacam itu untuk Suzuka 8 Hours 2020 sudah menjanjikan kesukesan," tutup Vito Ippolito, FIM President.

Baca Juga
Rafid Topan Permalukan Pebalap Pabrikan Yamaha Indonesia
Timnas Putri Indonesia Sudah Kantongi Kekuatan Maladewa

Text : Suhartono | Photo / Video : FIM EWC | 12 August 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company