image Bernard Hinault di Vuelta 1978 (Foto: lavuelta) Vuelta a Espana 1960 (Foto: Pinterest)

Kilas Balik Vuelta a Espana: Tour Terberat di Spanyol

Text : Adi Supriyatna | Editor: Andi Wahyudi | Media Source: Lavuelta | 15 August 2018

uploads/news/2018/08/kilas-balik-vuelta-a-49529b8eee3df36.jpg

Kilas Balik Vuelta a Espana

kilas-balik-vuelta-a-92305c6a66bfefc
kilas-balik-vuelta-a-330781b2f5da649
SPORTKU.COM

Vuelta a Espana atau tour Spanyol merupakan salah satu ajang tour balap sepeda terbesar di dunia.

Vuelta termasuk dalam Grand Tour (Tour Besar) di dunia saat ini, selain Giro d'Italia dan Tour de France.

Vuelta memiliki perjalanan yang panjang dalam sejarah balap sepeda dunia. Tour ini dimulai pada tahun 1935 dan dimulai di Madrid dengan diikuti oleh 50 pebalap atau yang disebut sebagai “pemberani”.

Kala itu para pebalap “berlari” dengan sepeda besi yang berat dan membawa peralatan, termasuk alat penambal ban untuk memperbaiki kerusakan sepeda masing-masing.

Vuelta pertama menempuh 3.425km yang terbagi dalam 14 etape, dengan 10 etape diantaranya mencapai jarak 250km. Race pertama ini dimenangkan oleh rider Belgia, Gustaaf Deloor.

Perang saudara di Spanyol sempat menghentikan Vuelta. Pada 1941, tour ini hanya diikuti pesepeda asal Spanyol dan sejak Perang Dunia II, tour ini memang mengurangi kehadiran pesepeda asing atau dari luar Spanyol.

Baca juga:
SKUAT TIMNAS XC DI ASIAN GAMES 2018

Baca juga:
PELAJAR SAMBUT OBOR ASIAN GAMES 2018

Sejak momen tersebut, Vuelta telah menjelajah Spanyol dan menciptakan kekaguman warga setempat serta menjadikannya sebagai olahraga yang populer sekaligus menciptakan sejumlah “mitos”.

Anquetil, Pulidor, Jan Janssen, Gimondi, Ocaña, Merkx, Fuente, Hinault, Pedro Delgado, Tony Rominger, Abrahan Olano, Jan Ullrich, Alejandro Valverde dan Alberto Contador adalah sejumlah nama besar yang pernah menjadi juara Vuelta.

Nama lainnya, seperti Bahamontes atau Indurain, memang tidak memenangkan tour ini. Tapi mereka telah menunjukkan kualitas mereka dan berhasil naik podium di ajang ini.

Sejalan dengan perkembangan zaman, sepeda besi telah digantikan oleh “mesin” modern atau berbahan serat karbon dan bahan lain yang ringan. Banyak pula perubahan pada dunia olahraga dan perlengkapan teknis.

Namun, tujuannya adalah sama, yakni menjadi yang pertama di ajang balapan terpenting di Spanyol dan salah satu yang terbesar di dunia itu.

Tahun ini, Vuelta akan digelar pada 25 Agustus hingga 16 September mendatang. Tour menempuh jarak 3254,7 km, yang terbagi dalam 21 etape. Vuelta 2018 dimulai dari Malaga dan berakhir di Madrid.


Vuelta a Espana 1960 (Foto: Pinterest)
kilas-balik-vuelta-a-330781b2f5da649.jpg

 

Text : Adi Supriyatna | Editor: Andi Wahyudi | Media Source : Lavuelta | 15 August 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company