Dua Negara Ini Pernah Gagal Gelar Asian Games

Text : Suhartono | Photo / Video : Pariyono | Editor: Andi Wahyudi | 16 August 2018

SPORTKU.COM

Asian Games pertama kali diselenggarakan di New Delhi, India pada tanggal 4-11 Maret 1951.

Hingga sekarang, ajang olahraga bergengsi di Asia ini pun masih rutin diselenggarakan setiap 4 tahun sekali. Sejarah Asian Games sendiri berawal sejak tahun 1913 silam. Asian Games awalnya merupakan ajang olahraga di Asia kecil. Far Eastern Championship Games diadakan untuk menunjukkan kesatuan dan kerja sama antar tiga negara, yaitu Kerajaan Jepang, Kepulauan Filipina, dan Republik Tiongkok.

Far Eastern Championship Games pertama diadakan di Manila pada tahun 1913. Negara Asia lainnya berpartisipasi setelah diselenggarakan. Far Eastern Championship Games dihentikan pada tahun 1938 ketika Jepang menyerbu Tiongkok dan aneksasi terhadap Filipina yang menjadi pemicu perluasan Perang Dunia II ke wilayah Pasifik.

Di luar konteks tersebut, penyelenggaraan Asian Games pun pernah mengalami gejolak. Tercatat dua kali pelaksanaan Asian Games sempat terancam batal. Ini terjadi pada tahun 1970 dan 1978 silam. Asian Games pada periode tersebut yang nyaris batal juga bukan tanpa sebab.

Asian Games 1970 yang menjadi rangkaian Asian Games ke-6 awalnya akan diselenggarakan di Seoul, Korea Selatan. Namun akhirnya dibatalkan dengan alasan adanya ancaman serangan dari Korea Utara. Hingga akhirnya Asian Games 1970 digeser ke Bangkok, Thailand dengan dana dari Korea Selatan.

Asian Games 1970 di Bangkok diselenggarakan dari tanggal 24 Agustus hingga 4 September. Sebanyak 2.400 atlet ikut berlaga. Mereka datang dari 18 negara yang turun di 13 cabang olahraga. Jepang keluar sebagai juara umum dengan total perolehan 144 medali.

Baca Juga
Kemenangan Lorenzo, Penyesalan Bagi Ducati

Seoul baru bisa menjadi tuan rumah Asian Games pada tahun 1986. Saat itu terlibat sebanyak 4.839 atlet dari 22 negara. Mereka bermain di 25 cabang olahraga. Keluar sebagai juara umum adalah Cina dengan 94 medali emas, 82 medali perak, dan 61 medali perrunggu. Korea Selatan sendiri hanya menjadi runner up dengan 93 medali emas, 55 medali perak, dan 76 medali perunggu.

Selain di Seoul, Korea Selatan yang batal jadi tuan rumah Asian Games, Pakistan juga pernah mengalami hal serupa. Asian Games 1978 yang masuki tahun ke-8 awalnya akan diselenggarakan di Pakistan. Tetapi dibatalkan, alasannya Pakistan tengah mengalami konflik dengan Bangladesh dan India.

Singapura pun membatalkan untuk menjadi tuan rumah, karena alasan keuangan. Israel ditolak untuk ikut serta dalam Asian Games dengan alasan politik. Hingga akhirnya Bangkok, Thailand kembali jadi tuan rumah Asian Games untuk ketiga kalinya saat itu.

Sebanyak 3.842 atlet ikut berlaga dengan partisipasi dari 25 negara di 20 cabang olahraga. Asian Games 1978 kembali dimenangkan oleh Jepang yang membawa pulang sebanyak 177 medali. Diantaranya 70 medali emas, 58 medali perak dan 49 medali perunggu.

Baca Juga
5 Fakta Tersembunyi Asian Games
Perubahan Logo Asian Games dari Masa ke Masa

Text : Suhartono | Photo / Video : Pariyono | Editor: Andi Wahyudi | 16 August 2018

  • facebook share

RELATED NEWS

Medali Emas Mongolia Dicabut

Medali Emas Mongolia Dicabut

ACTUAL
Perbandingan Bonus di Asian Games

Perbandingan Bonus di Asian Games

ACTUAL
Daftar Negara Tidak Meraih Medali

Daftar Negara Tidak Meraih Medali

ACTUAL
Curhatan Volunteer Asian Games

Curhatan Volunteer Asian Games

ACTUAL

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company