image

Honda Ungkap Hal Mengejutkan Soal Kontrak Lorenzo

Text : Suhartono | Photo / Video : MotoGP | Editor: Andi Wahyudi | 23 August 2018

SPORTKU.COM

Repsol Honda melepas salah satu kejutan terbesar dalam sejarah MotoGP baru-baru ini.

Kejutan Repsol Honda bukan hanya sekadar melepaskan Dani Pedrosa yang sudah menjadi mitranya sejak lama. Namun ada satu kejutan lagi dengan mendatangkan Jorge Lorenzo untuk bermitra dengan Marc Marquez mulai MotoGP 2019 mendatang. Setidaknya, kontrak Lorenzo dengan Repsol Honda akan bertahan hingga MotoGP 2020.

Menggabungkan dua juara dunia dalam satu tim memang menjadi fenomena baru di MotoGP. Repsol Honda telah melakukan hal ini dengan menjadikan Lorenzo dan Marquez rekan duet. Kedua pebalap tersebut akan sama-sama berburu kemenangan di setiap seri MotoGP dengan spesifikasi motor yang sama, Honda RC213V.

Orang penting di balik masuknya Lorenzo di daftar pebalap Repsol Honda adalah Alberto Puig yang menjabat sebagai Manajer Tim Repsol Honda sejak awal musim 2018. Tanpa basa-basi, Puig berbicara tentang fakta-fakta tentang merangkul salah satu pebalap paling tangguh dalam sejarah Grand Prix (GP).

Untuk bisa mendatangkan Lorenzo, Puig bahkan dengan rela mengorbankan mantan pebalapnya sendiri Dani Pedrosa -hanya pada tahun pertamanya sebagai manajer tim Repsol Honda. Sebelumnya, Puig juga telah menghabiskan waktu bertahun-tahun sebagai manajer pribadi Pedrosa.

Lalu, apakah Puig terkejut melihat Ducati yang rela melepas kepergian Lorenzo? "Terus terang, ini bukan tentang terkejut. Pebalap ada di sana (Ducati) dan kami berusaha mengambilnya. Ini cukup sederhana. Jadi saya tidak tahu apa yang dipikirkan Ducati, dan kami tidak peduli. Ada peluang dan kami mengambilnya," ungkap Puig.

Baca Juga
MPM Gelar Honda Track Day di Sirkuit Bung Tomo

Sebelum resmi disiarkan ke publik, pengumuman Lorenzo sebagai pebalap Repsol Honda memang terbilang berbelit-belit. Didahului dengan berita mengejutkan dari Pedrosa yang tak melanjutkan kontraknya dengan Honda. Hingga keputusan akhir Pedrosa yang memilih gantung helm.

Hengkangnya Pedrosa dari Repsol Honda memunculkan banyak spekulasi publik. Jauh sebelum ada nama Lorenzo, beredar daftar panjang pebalap lain yang telah dikaitkan dengan kursi Pedrosa, termasuk Johann Zarco, Joan Mir, Cal Crutchlow, Jack Miller hingga pebalap World Superbike (WSBK) Jonathan Rea.

"Kami ingin melihat kemungkinan dan kami tidak berbicara banyak dengan banyak orang, kami hanya ingin mendengar dan melihat apa yang terjadi selama musim berjalan. Maksud saya hasilnya. Itu saja. Kami memiliki beberapa, katakanlah, percakapan santai dengan orang lain tetapi kami mengambil keputusan yang kami pikir adalah yang benar untuk menandatangani Lorenzo," jelas Puig.

"Tentu saja, pengertiannya adalah bahwa tim utama ingin memiliki pengendara terbaik, bukan? Ini adalah prinsipnya. Bagi Honda penting untuk menyiapkan sepeda motor terbaik yang kita bisa dan memberikannya kepada pebalap tercepat."

"Tentu saja, kami memberi tahu Marc. Marc adalah pebalap yang sangat penting bagi kami. Kami memberi tahu dia dan dia menjawab dengan cara yang kami harapkan," tutup Puig.

Baca Juga
Timnas Voli Putri Indonesia Bekuk Hong Kong di Asian Games 2018
5 Pebalap Mobil Indonesia Terjun Politik

Text : Suhartono | Photo / Video : MotoGP | Editor: Andi Wahyudi | 23 August 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company