image

FIA Izinkan Racing Point Turun Perdana Di Belgia Akhir Pekan Ini

Text : Ria Afriliani | Photo / Video : F1 | Editor: Andi Wahyudi | 24 August 2018

SPORTKU.COM

FIA akhirnya memberi izin tim balap baru untuk berkompetisi di kejuaraan GP Belgia akhir pekan ini.

Setelah menghabiskan libur musim panas yang diselingi dengan bursa transfer pebalap untuk musim selanjutnya, kejuaraan Formula 1 akan segera memasuki putaran ke-13 di Sirkuit Spa-Francorchamps, Belgia akhir pekan ini (26/8).

Hampir seluruh pebalap nampak antusias menghadapi balapan tengah musim yang akan berlangsung sebentar lagi, termasuk dengan hadirnya tim balap baru Racing Point Force India yang akan tampil perdana di Spa.

FIA sebenarnya bisa saja mengizinkan tim dengan nama lama untuk beroperasi pada akhir pekan ini, jika proses entri tim baru tidak dapat diselesaikan tepat waktu.

Mengingat sebelumnya telah ada masalah hukum antara para pemegang saham yakni Vijay Mallya dan Sahara Group dengan perusahaan yang dulu sempat memberikan pinjaman kepada tim lama. Bahkan pesaing konsorsium Lawrence Stroll, Urakali, menilai bahwa proses penjualan itu cacat.

Namun, berdasarkan peraturan olahraga FIA, ditetapkan bahwa tim harus terdaftar untuk musim berikutnya pada 30 November. Sementara pada Pasal 8.1, tampaknya bisa memberi ruang untuk perubahan di kemudian hari.

Baca Juga :
Tidak Jadi Bangkrut, Masa Depan Force India Terselamatkan

Berikut bunyi Pasal 8.1 yang terdapat dalam Buku Peraturan Olahraga FIA :

Aplikasi pada waktu lain hanya akan dipertimbangkan jika tempat tersedia dan pembayaran biaya pendaftaran yang telat akan ditetapkan oleh FIA. Formulir pendaftaran akan disediakan oleh FIA yang akan memberi tahu pemohon hasil aplikasi dalam waktu tiga puluh hari sejak diterima.

Proses pembuatan entri baru dari tim yang sudah ada memang merupakan hal yang rumit, dimana Perjanjian Concorde harus dipertimbangkan bersama regulasi FIA. Salah satu komplikasi hukumnya adalah entri tim F1 harus diserahkan melalui Otoritas Olahraga Nasional (ASN). Dalam konteks ini, berarti diperlukan peran dari ASN India.

Akhirnya kemarin (23/8) logo Force India dan referensi ke perusahaan Vijay Mallya, Kingfisher dan UB Group, dihilangkan dari truk dan papan nama di paddock Spa.

Dengan begitu, FIA akhirnya menyetujui sebuah entri tim baru, dan nama entri lama secara resmi telah dihapus dan dikeluarkan dari Kejuaraan Dunia. Hal tersebut juga berdampak pada penghapusan poin-poin konstruktor di musim 2018.

Sementara itu, Bos Komersial F1, Sean Bratches berharap agar tim yang bertahan di grid mau mendukung tim baru milik Lawrence Stroll. Karena jika ada tim yang masuk ke proses kepailitan dan tanpa pengganti, maka itu dinilai tidak terlihat bagus.

"Kami senang dengan grup kepemilikan dan struktur kepemilikan, dan kami optimistis bahwa mereka akan dapat bersaing di level yang sama seperti sebelumnya," ujar Bratches.

Baca Juga :
Usai Liburan Musim Panas, Hamilton Optimis Hadapi GP Belgia

Text : Ria Afriliani | Photo / Video : F1 | Editor: Andi Wahyudi | 24 August 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company