image

Wilman Hammar Beri Kejutan di Seri 3 Kejurnas IRS 2018

Text : Suhartono | Photo / Video : Pariyono | 25 August 2018

SPORTKU.COM

Wilman Hammar memberikan kejutan di Seri 3 Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Indospeed Race Series (IRS) 2018.

Setelah menjalani musim liburan yang cukup lama, para pebalap kembali melakukan balapan di Seri 3 Kejurnas IRS 2018 pada akhir pekan ini, 25-26 Agustus. Banyak persiapan matang yang sudah dilakukan oleh para tim dan pebalap untuk memberikan hasil terbaiknya.

Salah satu yang berhasil melakukan upgrade adalah Wilman Hammar. Pebalap Yamaha Yamalube NHK IRC DID Nissin NGK Bahtera Racing Team ini berhasil mengukir prestasi. Jika di seri-seri sebelumnya gagal podium, maka di Seri 3 ini Wilman Hammar mampu finish terdepan di Race 1 Kelas FDR Kejurnas Sport 150.

Hasil ini sekaligus menandai kali pertama bagi Wilman Hammar nangkring di podium juara Kejurnas IRS 2018. Finish terdepan sejatinya sudah bisa diprediksi sebelumnya. Sebab, pada babak kualifikasi, pebalap asal Yogyakarta ini juga kemas waktu terbaik.

"Pas kualifikasi saya mencoba ikuti lawan untuk curi angin, tapi ternyata banyak pebalap yang gak mau diikuti dan akhirnya jadi kacau. Di tiga menit terakhir saya mencoba sendiri dan malah dapat time-nya," ujar Wilman Hammar yang berhasil pole position dengan catatan waktu tercepat 1menit 49.702detik.

"Pas race di lap awal saya mencoba lepas sendiri tapi gak bisa dan saya mundur lagi di posisi 9. Tujuan saya juga buat awetin mesin untuk lap terakhir. Selama balapan 10 lap saya malah jarang di posisi pertama," sambung Wilman Hammar kepada SPORTKU.com.

Baca Juga
Atlet Asian Games: Makanan Indonesia Pedas

"Habis itu di lap terakhir baru saya push lagi. Di lap terakhir sejak tikungan S kecil saya sudah berada di posisi terdepan dan bertahan sampai garis finish," jelas Wilman Hammar yang finish terdepan dengan kemasan waktu 18menit 38.872detik selama 10 lap.

Pada lap-lap awal, strategi Wilman Hammar memang untuk membaca kelemahan lawan serta mengukur kekuatan motor balapnya Yamaha R15. "Saya mencoba berada di posisi terdepan dan gak bisa disalip pebalap lain. Jadi saya sudah tahu kekuatan lawan."

Campur tangan sang mekanik juga memberikan dampak signifikan pada motor Wilman Hammar. "Perubahan mesin dari seri sebelumnya ada, kita lebih fokus pada suspensi depan dan belakang biar bisa maksa di lap terakhir. Jadi ketika mesin up, bodi juga harus up. Karena semakin besar power suspensi juga harus mendukung," tutup Wilman Hammar.

Sementara itu,raihan Wilman Hammar kali menjadi podium sekaligus kemenangan pertama bagi Wilman Hammar di Kelas Sport 150 Kejurnas IRS 2018. Pada seri-seri sebelumnya, peringkat terbaik Wilman Hammar hanya bisa mercokol di posisi keempat saja.

Baca Juga
Strategi Pelatih Atasi Kelemahan Timnas Voli Putra Indonesia
Timnas Voli Putra Indonesia Bantai Kirgizstan

Text : Suhartono | Photo / Video : Pariyono | 25 August 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company