image

Nih, Cara Perawatan Kolam Renang Sesuai Standar FINA

Text : Ria Afriliani | Photo / Video : Pariyono | Editor: Andi Wahyudi | 31 August 2018

SPORTKU.COM

General Manager Stadion Akuatik ungkapkan cara pemeliharaan kolam renang di Stadion Akuatik GBK.

Perawatan untuk kolam renang memang agak sensitif. Terlebih kualitas air itu benar-benar harus clear dan sesuai dengan standar kamera dari lembaga penyiaran. Pemeliharaan juga dilakukan secara cermat untuk memastikan kualitas air sesuai dengan standar Federasi Renang Internasional (FINA).

Manager Stadion Akuatik, Abdal Hiyaririjal menjelaskan, bahwa standar air untuk kamera dari broadcast itu harus keliatan dari ujung ke ujung. Perawatan yang dilakukan yakni dua kali sehari, yaitu pagi pukul 04.00-06.00 dan malam pukul 22.00-24.00.

Cara kerjanya melalui proses vakum manual dan menggunakan robot. "Ada empat robot yang disiagakan untuk melakukan vakum di masing-masing kolam, yaitu kolam polo, tanding, loncat indah, dan pemanasan," ujar pria yang karib disapa Rijal.

Baca Juga :
Wishnutama Beberkan Konsep Acara Closing Ceremony Asian Games 2018

Pihak pengelola Stadion Akuatik GBK bekerja siang malam untuk memastikan kadar ph dan klorin dalam kolam sesuai standar FINA. "Jadi bisa dilihat bahwa air sangat bersih. Tim kami dari GBK yang totalitas untuk memeliharanya, bukan dari panitia Inasgoc," jelas Rijal.

FINA sendiri menetapkan standar untuk kadar ph kolam antara 7,2 hingga 7,8. Sedangkan kadar klorin antara 1 hingga 2. Jika kadar ph dan klorin yang ada di Stadion Akuatik GBK kurang dari standar yang ditetapkan, maka bisa mengakibatkan kerusakan pada kulit dan mata.

"Jadi kami harus benar-benar memberikan chemical sesuai fungsi dan proporsinya. Chemical itu bentuknya seperti serbuk," ujar Rijal.

Selain itu, Rijal juga memaparkan bahwa dibutuhkan 16 petugas yang akan bekerja rutin membersihkan kolam tersebut. "Ada dua shift, pagi dan malam hari. Apalagi event sebesar ini kita harus service excellent," tutupnya.

Baca Juga :
Toko Souvenir Asian Games 2018 Di GBK Tidak Pernah Sepi Pembeli

Text : Ria Afriliani | Photo / Video : Pariyono | Editor: Andi Wahyudi | 31 August 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company