Bersiap Sambut Asian Para Games 2018

Text : Andi Wahyudi | Photo / Video : Sportku | 5 September 2018

SPORTKU.COM

Asian Games 2018 baru saja kelar. Kini bersiaplah menyambut Asian Para Games.

Sejatinya tidak ada alasan lagi jika Indonesia harus kalah dalam event olahraga internasional. Pasalnya, Indonesia sudah punya modal cukup kuat yaitu venue olahraga berkualifikasi internasional, serta tentu saja 98 medali yang membuat Indonesia bertengger di posisi ke-4 di Asian Games 2018 lalu. Pencapaian tersebut jelas di luar target yang telah ditentukan.

Merebut 98 medali di arena event internasional bukan hal yang mudah, butuh persiapan luar biasa untuk bisa mendulang 31 emas, 24 perak dan 43 perunggu. Perjuangan keras para atlet dan pelatih untuk bisa mempersembahkan yang terbaik bagi republik ini patut diapresiasi dengan positif.

Kita terharu ketika para atlet berprestasi menerima pundi-pundi bonus dari pemerintah sebelum keringat mereka mengering. Bukan hanya atlet; tapi juga pelatih, asisten pelatih dan atlet yang tidak meraih medali tetap mendapatkan bonus, tentu dengan nominal yang bervariasi.

Namun, tentu saja banyak piring dan gelas kotor usai pesta. Banyak hal yang harus dilakukan pasca kemeriahan Asian Games 2018. Yang terdekat adalah gelaran Asian Para Games 2018 yang akan dilaksanakan pada 6-13 Oktober yang akan datang. Ini adalah laga para atlet disabilitas yang bakal melibatkan 3000 atlet dan 1800 ofisial dari 43 negara. Ini bukan perkara ringan pula karena membawa nama besar Indonesia.

Baca juga
Ribuan Atlet Disabilitas Siap Tanding

Lewat Inapgoc selaku panitia penyelenggara Asian Para Games 2018 Indonesia terus membenahi berbagai keperluan yang terkait dengan hajatan tersebut. Sebagai olahraga bagi penyandang disabilitas, tentu ada beberapa perlakuan khusus terkait berbagai lomba yang dipertandingkan.

Dari informasi yang SPORTKU himpun, soal venue tidak banyak hal yang harus dibenahi lantaran menggunakan venue yang dipakai Asian Games. Kalaupun ada sifatnya minor dan tidak butuh waktu lama untuk dilakukan penyesuaian, diprediksi pada september semuanya akan kelar dan siap digunakan untuk hajatan Asian Para Games. Pun demikian dengan ara atlet yang sudah mempersiapkan dirinya sebaik mungkin.

Asian Para Games pertama kali digelar pada tahun 2010 di Guangzhou Cina dan Indonesia bertengger di peringkat 14 dengan raihan 1 medali emas, 5 perak dan 5 perunggu. Di hajatan Para Games kedua di Incheon 2014, Indonesia memperbaiki peringkat dengan berada di posisi ke-9, meraup 38 medali dengan rincian 9 emas, 11 perak dan 18 perunggu. Lalu bagaimana dengan gelaran tahun ini? Semoga saja Indonesia bisa tampil lebih baik ketimbang saat turun di tahun 2014 silam.

Ada setumpuk asa Indonesia bisa mendulang sukses di gelaran Asian Para Games kali ini. Modal sebagai juara umum Asean Para Games 2017 di Malaysia memang menjadi salah satu pertimbangannya. "Kami ingin atlet Indonesia meraih sukses di Asian Para Games. Apalagi kita juga juara umum di Asean Para Games 2017 lalu. Ini tentu jadi modal yang kuat," ujar Raja Sapta Oktohari (Okto), Ketua Inapgoc dalam satu kesempatan.

Yang istimewa, Tarek Souei, CEO Asian Paralympic Committe (APC) menyampaikan bahwa Asian Para Games 2018 ini akan menjadi event multisport terbesar di kalangan penyandang disabilitas. "Pesertanya yang terbanyak dalam sejarah para games. Event ini juga menjadi ajang untuk kualifikasi Asian Para Games berikutnya di Tokyo 2020," ujar Tarek.

Nah, terkait dengan itu, yuk siapkan energi baru untuk mendukung kembali atlet-atlet disabilitas Indonesia yang akan berlaga di Asian Para Games 2018. Kehadiran anda -suporter- bakal menjadi energi luar biasa yang akan menjadi bara semangat untuk membela Merah Putih. Ingat, pasang jadwal Asian Para Games di gadget Anda!

Baca juga
Asian Para Games 2018 Jadi Acuan Paralympic 2020

 

Text : Andi Wahyudi | Photo / Video : Sportku | 5 September 2018

  • facebook share

RELATED NEWS

Indonesia Di Asian Para Games

Indonesia Di Asian Para Games

TOPIC OF THE WEEK

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company