image

Pebalap Bahrain Merida Kanstantsin Siutsou Dinyatakan Positif Doping

Text : Adi Supriyatna | Editor: Andi Wahyudi | Media Source: uci,cyclingweekly | 6 September 2018

SPORTKU.COM

Pebalap tim Bahrain Merida, Kanstantsin Siutsou, dinyatakan positif doping oleh Federasi Bersepeda Internasional (UCI).

Keputusan tersebut diterbitkan UCI pada Rabu, kemarin, dalam siaran pers. Berdasarkan sampel darah yang dikumpulkan pada 31 Juli 2018 lalu, sampel Kanstantsin Siutsou dinyatakan mengandung Erythropoietin (EPO).

Kontrol ini direncanakan dan dilakukan oleh Yayasan Anti-Doping Bersepeda (CADF), badan independen yang diberi mandat oleh UCI, yang bertugas mendefinisikan dan menerapkan strategi anti-doping dalam olahraga bersepeda.

Dengan demikian, Kanstantsin Siutsou yang berasal dari Belarusia itu dilarang berlomba untuk sementara waktu. Meski demikian, Kanstantsin Siutsou memiliki hak untuk bertanya dan menghadiri analisis sampel B.

“Sesuai dengan Peraturan Anti-Doping UCI, pebalap tersebut telah ditangguhkan untuk sementara sampai putusan selanjutnya,” demikian siaran pers UCI.

Kanstantsin (36 tahun) adalah juara umum Tour Croasia tahun ini. Ia memulai karir profesionalnya pada tahun 2001 dan pernah bergabung dengan sejumlah tim papan atas.

Hasil terbaiknya adalah kemenangan etape di Giro d’Italia tahun 2009, bersama Team Columbia/HTC-Highroad. Ia juga pernah menduduki peringkat kesembilan di klasemen umum Giro tahun 2011.

Siutsou kemudian pindah ke Team Sky pada tahun 2012, dimana ia tergabung dengan juara Tour de France. Ia meninggalkan Tour tahun itu di etape ketiga, yang kemudian dimenangkan oleh Bradley Wiggins.

Untuk diketahui Erythropoietin (EPO) adalah hormon alami yang diproduksi oleh ginjal untuk merangsang produksi sel darah merah. Penggunaan EPO buatan, sebagai sarana untuk meningkatkan performa atletik, pertama kali muncul pada tahun 1980 dan dianggap sebagai penggunaan obat terlarang dalam olahraga balap sepeda profesional. Pendeteksian EPO sendiri mulai dilakukan pada tahun 2000.

Baca juga:
RIDER DOWNHILL TOP SIAP BERTARUNG DI KEJUARAAN DUNIA DI SWISS

Baca juga:
MARCELO TEGASKAN KESETIAANNYA BERSAMA REAL MADRID



Text : Adi Supriyatna | Editor: Andi Wahyudi | Media Source : uci,cyclingweekly | 6 September 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company