image viktor axelsen (bwf) Rasmus Johansson (Berlingske)

Ketika Timnas Denmark Diperkuat Youtuber, Salesman dan Pemain Futsal

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : TeamFA | Editor: Andi Wahyudi | 7 September 2018

uploads/news/2018/09/ketika-timnas-denmark-diperkuat-98270ae6b501866.jpg

Timnas Denmark Diperkuat Youtuber

timnas-denmark-teamfa--836073c7f31db5a
timnas-denmark-teamfa--6197423f56e9499
SPORTKU.COM

Perselisihan antaran Asosiasi Sepak Bola Denmark (DBU) dengan asosiasi pemain profesional Denmark membuat Timnas Denmark ditinggal punggawa utamanya.

Kejutan terjadi dalam laga persahabatan antara Timnas Denmark yang harus menerima kekalahan dengan skor telak 3-0 dari tim tuan rumah Slovakia di laga yang berlangsung City Arena of Trnava, Kamis (6/9).

Padahal di atas kertas, Denmark yang statusnya merupakan yang tim lolos ke Piala Dunia 2018, bahkan sampai melaju ke babak 16 besar itu unggul. Namun, mereka kalah oleh Slovakia yang jelas-jelas gagal melaju ke putaran final Piala Dunia.

Namun bila ditelusuri, ada keanehan dalam kekalahan Timnas Denmark kali ini. Bila menilik 24 nama pemain yang dipanggil untuk bertanding di laga tersebut tak ada satu pun pemain terkenal atau sebelumnya berlaga di Piala Dunia.

Bahkan 11 pemain yang diturunkan dalam daftar starting line up itu ke semuanya merupakan pemain yang baru pertama kali memperkuat negaranya.

Rupa-rupanya skuat Timnas Denmark yang diturunkan merupakan pemain dari liga amatir Denmark yang bermain bagi kasta ketiga dan keempat.

Penjaga gawang yang turun di laga tersebut misalnya, Christoffer Haagh adalah pemain Jaegersborg Boldklub, sebuah klub futsal di Denmark. Lalu mereka memiliki pemain tengah bernama Rasmus Johansson yang lebih dikenal sebagai youtuber yang menayangkan video freestyler yang memiliki banyak penggemar.

Rasmus Johansson (Berlingske)
timnas-denmark-teamfa--6197423f56e9499.jpeg

Bahkan kapten Timnas Denmark, Christian Offenberg yang bermain di klub divisi ketiga Avarta memiliki kerjaan sampingan sebagai salesman.

Meski kalah, Johansson mengaku senang lantaran mimpinya bisa bermain bagi negaranya bisa terwujud. Apalagi dirinya bermain penuh selama 90 menit pertandingan.

“Tentu saja situasi yang kami rasakan saat ini sangat aneh, namun saya memang bermimpi melakukan debut dengan timnas. Ini sangat besar, dan saya pikir semua orang tampil baik,” kata youtuber yang memiliki 15 ribu subscibers tersebut.

Baca juga
Combi Run Dihelat Oktober Mendatang

Apa yang Sebenarnya Terjadi?

Dalam rangka mempersiapkan tim menuju turnamen EUFA Nations League, Asosiasi Sepak Bola Denmark (DBU) dengan asosiasi pemain profesional Denmark terjadi perselisihann lantaran masalah hak komersial antara DBU dengan asosiasi pemain tak mencapai kesepakatan.

Awalnya pihak asosiasi pemain profesional ingin memperbarui kontrak terkait hak komersil, namun pihak DBU menolak sehingga sebagai bentuk kegagalan negoisasi seluruh pemain porfesional pun menolak untuk membela Timnas Denmark.

Pemain bintang asal Denmark macam Kasper Schmeichel, Simon Kjaer, Andreas Christensen, Christian Eriksen, hingga Viktor Ficher pun menolak bermain bagi Denmark.

Kjaer menjadi pemain paling vokal atas insiden ini. Ia mengatakan bahwa pihak DBU justru menciptakan masalah sehingga mereka gagal memperkuat negara mereka sendiri.

"Mereka membuat seolah-olah pemain yang tidak ingin bermain di ajang internasional. Tapi justru sebaliknya. DBU tidak bisa menemukan solusi cepat. Sekarang kami takut akan konsekuensi terhadap sepak bola Denmark," katanya.

Kejadian ini seperti mengulangi kejadian tahun lalu di mana DBU harus membatalkan pertandingan Timnas Putri Denmark melawan Swedia di babak kulifikasi Piala Dunia.

Bahkan di luar sepak bola, kasus hak komersil pemain juga muncul dalam olah raga bulu tangkis di Denmark dimana lima pebulutangkis Denmark diminta untuk meninggalkan Pusat Pelatihan Nasional setelah adanya konflik antara sponsor individu dan sponsor tim, yang merupakan kompetitor langsung di pasar yang sama pada tahun 2015 silam.

Viktor Axelsen (bwf)
timnas-denmark-teamfa--836073c7f31db5a.jpg

Baru-baru ini pebulu tangkis tunggal putra Denmark, Viktor Axelsen juga berseteru dengan Asosiasi Bulutangkis Denmark lantaran sengketa hak komersial yang membuat dirinya bisa dikeluarkan sebagai atlet asosiasi Denmark.

Sebagai gantinya, Viktor ke depannya akan bermain di turnamen sebagai pebulu tangkis profesional independen di bahwa sponsor bukan asosiasi bila negoiasisi dirinya dengan asosiasi bulu tangkis Denmark tak mencapai kata sepakat.

Denmark sendiri dijadwalkan akan bertanding melawan Wales pada Minggu, 9 September 2018 di laga perdana pertandingan UEFA Nations League. Bila kondisi tetap seperti, bisa jadi DBU mendapatkan hukuman dari UEFA dan membuat negara tersebut terancam tak bisa mengikuti Piala Eropa 2020 mendatang.

Baca juga
Lewis Hamilton Kepincut dengan Performa Esteban Ocon

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : TeamFA | Editor: Andi Wahyudi | 7 September 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company