image

Mengenal Hwang Ui-jo, Top Skor Asian Games 2018

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : Asia Times | Editor: Andi Wahyudi | 10 September 2018

SPORTKU.COM

Gagal tampil di Piala Dunia 2018, Hwang Ui-jo menunjukan diri sebagai penyerang tajam di Asian Games 2018.

Tim sepak bola putra Korea Selatan U-23 keluar sebagai peraih medali emas di ajang Asian Games 2018 setelah di final berhasil mengalahkan musuh bebuyutan mereka, Jepang dengan skor akhir 2-1 di laga yang berlangsung di Stadion Pakansari, Bogor, awal September 2018 lalu.

Kesuksesan Tim sepak bola putra Korea Selatan U-23 yang keluar sebagai juara pun digenapi dengan raihan positif lainnya yaitu penyerang andalan mereka Hwang Ui-jo keluar sebagai top skor di turnamen tersebut.

Hwang berhasil mencetak sembilan gol dari tujuh pertandingan yang ia ikuti. Bahkan pemain berusia 26 tahun tersebut sukses mencatatkan dua kali hattrick di sepanjang turnamen, tepatnya di laga pembuka Korea yang menang 6-0 atas Bahrain dan di pertandingan perempaf final ketika menjungkalkan Uzbekistan dengan skor 4-3.

Raihan tersebut membuat Hwang pun mencatatkan diri sebagai Korea Selatan pertama yang mampu mencetak hattrick sebanyak dua kali di sebuah ajang internasional.

Hal ini menjadi anomali mengingat kiprahnya di Timnas senior Korea Selatan tak begitu mengesankan. Hwang yang tampil sebanyak 11 pertandingan sejak debut pada tahun 2015 itu hanya sanggup mencetak satu gol.

Gagal Tampil di Piala Dunia 2018

Hwang tampil di Asian Games 2018 sendiri berstatus sebagai wild card. Ia menjadi satu dari tiga pemain senior yang dipilih oleh pelatih Timnas Korea U-23, Kim Hak-bum. Meski demikian, awalnya banyak yang ragu dengan kemampuan dirinya yang ditunjuk sebagai penyerang utama tim berjuluk Taeguk Warriors tersebut.

Hwang yang kini tercatat sebagai pemain Gamba Osaka tersebut bukanlah pilihan utama. Di posisi depan skuat Korea Selatan sendiri sebelumnya memiliki nama-nama mentereng macam Kim Shin-wook (Jeonbuk Hyundai Motors), Hwang Hee-chan (Red Bull Salzburg) keduanya bahkan tampil bagi Korea Selatan di Piala Dunia 2018 lalu.

Baca juga
Pembuktian Kualitas Olivier Giroud

Sementara Hwang sendiri tak terpilih berangkat ke Rusia. Namun, ia beruntung bisa dibawa oleh pelatih Kim ke Asian Games lantaran dua pemain yang biasanya menjadi andalan lini depan Korea Selatan tak bisa dibawa dengan berbagai alasan Hee-Chan misalnya tak mendapatkan izin dari Red Bull untuk bermain di Asian Games lantaran tak masuk dalam kalender FIFA.

Namun, nampaknya bermain di Asian Games menjadi rezeki sendiri bagi Hwang. Selain sukses meraih emas dan gelar top skor, ia pun kini bebas dari wajib militer yang sebelumnya dibebankan kepadanya.

Hwang sendiri mengaku tak menyangka bisa menjadi top skor di turnamen empat tahunan tersebut. Menurutnya hal itu terjadi lantaran dirinya mendapatkan support yang luar biasa dari rekan setimnya.

"Saya sendiri tidak pernah menyangka akan mencetak sebanyak sembilan gol. Yang paling mengesankan adalah gol hat-trick dalam pertandingan melawan Uzbekistan, yang menyamakan kedudukan saat Uzbekistan memimpin 3-2. Itu menyatukan kami," kata Hwang seperti dikutip dari Chosun.

Ketika ditanya bagaimana dia berhasil meningkatkan kemampuan mencetaknya secara dramatis, dia berkata, "Saya hanya percaya bahwa rekan tim saya akan mengirim umpan yang bagus kepada saya dan berusaha untuk dipersiapkan."

Andalan di Timnas Korea Selatan Kategori Usia

Nama Hwang memang tak setenar deretan penyerang Korea Selatan lainnya. Namun, pemain bernomor punggung 11 di Gamba Osaka itu merupakan andalan tim berjuluk Taeguk Warrior di kategori usia.

Hwang tercatat pernah tampil di Timnas Korea Selatan U-17. Bahkan sebelum bermain di Asian Games 2018, ia juga pernah membela Timnas Korea Selatan U-23.

Bahkan Hwang mengaku bahwa pengalamannya bermain di U-17 bersama Son Heung Min membuat dirinya saling mengerti dengan pemain yang sukses mencatatkan lima assist sepanjang gelaran Asian Games 2018 itu.

"Kami dekat ketika kami berada di tim U-17, dan kami menjadi lebih dekat kali ini. Saya berharap Heung-min akan terus membantu saya," ungkapnya.

Baca juga
Dongeng AS-Terbuka Djokovic Berakhir Bahagia

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : Asia Times | Editor: Andi Wahyudi | 10 September 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company